Selasa 21 Juni 2022, 07:36 WIB

Koalisi Pemerintahan Israel akan Bubarkan Parlemen, Gelar Pemilihan Baru

Mediaindonesia.com | Internasional
Koalisi Pemerintahan Israel akan Bubarkan Parlemen, Gelar Pemilihan Baru

AFP/Oren Ben Hakoon.
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett (kiri) dan Menteri Luar Negeri Yair Lapid membuat pernyataan bersama kepada pers, Senin (20/6).

 

PERDANA Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan, Senin (20/6), koalisi pemerintahannya akan membubarkan parlemen minggu depan. Ini merupakan pengumuman mengejutkan. Ia akan memberikan kekuasaan kepada Menteri Luar Negeri Yair Lapid dalam beberapa hari dan menggelar pemilihan baru.

Bennett dan Lapid membentuk aliansi ideologis yang berbeda satu tahun lalu. Ada delapan partai bersatu untuk mengakhiri masa jabatan mantan perdana menteri Benjamin Netanyahu.

Koalisi dari parptai politik yang agresif, sayap kiri, dan--untuk pertama kali dalam sejarah Israel--Islamis Arab, untuk sementara mengantar Israel keluar dari era kemacetan politik yang belum pernah terjadi. Namun setelah serangkaian pembelotan yang menempatkan koalisi di ambang kehancuran, Bennett mengatakan dia akan mendukung RUU untuk membubarkan parlemen pada minggu depan. Ini memicu pemilihan kelima dalam waktu kurang dari empat tahun tanpa jaminan pemerintahan baru yang layak.

Baca juga: Delegasi Perdagangan Mesir Lakukan Kunjungan Langka ke Israel

Bennett mengatakan bahwa Lapid, seorang sentris, akan mengambil alih sebagai perdana menteri dari pemerintahan sementara sejalan dengan kesepakatan pembagian kekuasaan tahun lalu. "Kami membuat keputusan yang tepat untuk Israel," katanya.

Langkah itu berarti Lapid sekarang siap untuk menjamu Presiden AS Joe Biden yang akan mengunjungi Israel pada Juli.
Lapid berterima kasih kepada Bennett karena menempatkan negara di atas kepentingan pribadinya, tetapi mengatakan ketidakmampuan koalisi untuk bertahan menunjukkan bahwa Israel membutuhkan perubahan serius. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara

RI Siap Ajak Myanmar dalam Forum ASEAN

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:56 WIB
Indonesia akan menggunakan posisi Keketuaan ASEAN untuk membantu Myanmar menyelesaikan ketidakpastian politik dan keluar dari krisis...
GP Canal / AFP

Bus Masuk Jurang di Peru Tewaskan 24 Penumpang

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:49 WIB
Sebuah bus yang membawa 60 penumpang, termasuk warga Haiti yang tidak diketahui jumlahnya, jatuh dari tebing di barat laut...
Michal Cizek / AFP

Eks Jenderal NATO Terpilih Jadi Presiden Ceko

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Januari 2023, 16:40 WIB
Purnawirawan jenderal NATO Petr Pavel mengalahkan miliarder yang juga mantan PM Andrej Babis dalam pemilihan putaran kedua untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya