Senin 22 November 2021, 23:27 WIB

Badan Keamanan Israel Mulai Tangkapi Puluhan Anggota Hamas

Mediaindonesia.com | Internasional
Badan Keamanan Israel Mulai Tangkapi Puluhan Anggota Hamas

AFP/Menahem Kahana.
Para pelayat selama pemakaman Eliyahu Kay, 25, di Jerusalem, Senin (22/11), sehari setelah ditembak pria Palestina bersenjata.

 

BADAN keamanan dalam negeri Israel, Shin Bet, mengatakan pada Senin (22/11) bahwa pihaknya telah menangkap puluhan anggota Hamas di Tepi Barat, Palestina, yang diduduki. Katanya, mereka sedang mempersiapkan serangan anti-Israel.

Pengumuman itu muncul sehari setelah seorang agen Hamas melakukan serangan penembakan di Kota Tua Jerusalem yang menewaskan seorang warga Israel dan melukai tiga lainnya. Penyerang ditembak mati.

Menurut Shin Bet, kepemimpinan Hamas di luar negeri, yang dipimpin oleh Saleh Arouri, berada di balik aktivitas terbaru yang bertujuan melakukan serangan di Tepi Barat dan Jerusalem serta serangan bom di Israel.

Dalam beberapa pekan terakhir Shin Bet, "Tentara dan polisi menangkap lebih dari 50 anggota Hamas di Tepi Barat yang terlibat dalam pembentukan jaringan teror," kata badan itu dalam suatu pernyataan. Uang, senjata tajam, senjata api, dan bahan pembuat bom juga disita.

Gerakan Islam Hamas, yang dianggap oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat sebagai kelompok teror, mengambil alih Jalur Gaza pada 2007 dan telah memerintah sejak itu. Israel telah memberlakukan blokade di wilayah tersebut.

Sejak itu, Hamas dan Israel telah berperang empat kali, yakni pada 2008, 2012, 2014, dan tahun ini. Seorang pejabat senior Shin Bet mengatakan operasi Hamas sedang merencanakan serangkaian serangan besar.

Baca juga: Inggris Cap Teroris, Hamas Berterima Kasih Didukung Iran

"Tujuan dari aktivitas teror yang intensif dari operasi Hamas di luar negeri dan Gaza, melalui operasi di Yudea dan Samaria, yaitu merusak stabilitas di daerah itu sambil menuntut harga yang mahal dari penduduk setempat," kata pejabat itu menggunakan nama-nama alkitabiah untuk Tepi Barat. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Yevgeny BIYATOV / SPUTNIK / AFP

Pemimpin Belarus Tetapkan Referendum Konstitusi pada 27 Februari

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 09:41 WIB
Jika Lukashenko mengajukan dirinya sebagai kandidat untuk pemilu pada tahun 2025, dia mungkin akan tetap berkuasa selama sepuluh tahun...
JULIEN DE ROSA / AFP

Prancis akan Longgarkan Pembatasan Covid-19 Mulai Februari

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 09:29 WIB
Perdana Menteri Prancis Jean Castex juga berharap dapat melonggarkan aturan masker wajah untuk anak-anak di sekolah setelah liburan musim...
AFP/Jung Yeon-je

Tiongkok dan Rusia Veto Sanksi Korut yang Diusulkan AS

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 08:49 WIB
Bersama dengan Beijing, Moskow telah lama menentang peningkatan tekanan terhadap Korut, bahkan meminta keringanan sanksi internasional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya