Senin 01 November 2021, 23:55 WIB

Di Hadapan Jokowi, Investor Inggris Siap Tanamkan US$9,29 Miliar ke Indonesia

Andhika Prasetyo | Internasional
Di Hadapan Jokowi, Investor Inggris Siap Tanamkan US$9,29 Miliar ke Indonesia

BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo bersama investor asal Inggris

 

PERTEMUAN Presiden Joko Widodo dan para pebisnis asal Inggris membuahkan komitmen investasi di Tanah Air sebesar US$9,2 miliar. Nilai sebesar itu rencananya akan ditanamkan pada sektor usaha energi dan ekonomi hijau.

Kepala negara memang secara khusus menggambarkan situasi industri yang berorientasi pada keberlanjutan lingkungan.

Hal itu dilakukan sesuai dengan tujuan utama kunjungan ke Glasgow, Skotlandia, yaitu untuk menghadiri KTT COP26. Kepada para calon investor, Jokowi mengungkapkan, beberapa hari lalu, ia telah menandatangani Peraturan Presiden mengenai instrumen nilai ekonomi karbon yang akan mengatur mekanisme 'carbon trading' ke depan.."Selain mengurangi emisi gas rumah kaca, langkah ini juga meningkatkan pendanaan pembangunan. Pasar karbon harus dikelola dengan berkeadilan dan transparan. Kebijakan pengendalian perubahan iklim Indonesia juga mencakup transisi menuju 'green economy',” ujar Jokowi.

Selain itu, masih di sektor energi, Indonesia juga membuka peluang Investasi untuk melakukan 'early retirement' dari pembangkit-pembangkit batu bara dan menggantikannya dengan energi terbarukan.

Pemerintah telah mengidentifikasi sebanyak 5,5 GW PLTU Batu bara yang bisa masuk dalam proyek tersebut dengan kebutuhan pendanaan sebesar US$30 miliar selama delapan tahun kedepan.

“Indonesia akan mengalihkan pembangkit batubara dengan 'renewable energy' pada 2040, dengan catatan jika terdapat kerja sama, teknologi, nilai keekonomian yang layak, dan pendanaan internasional yang membantu transisi energi tersebut,” tutur mantan Wali Kota Solo itu.

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan, dengan kekayaan mineral seperti nikel, tembaga dan bauksit, Indonesia memiliki potensi menjadi pemain utama industri kendaraan dan baterai listrik di masa depan. “Saat ini, sudah ada US$35 miliar investasi yang sudah terkomitmen dan juga sedang berjalan dalam mata rantai baterai dan kendaraan listrik,” ucapnya..

Indonesia juga sedang membangun Green Industrial Park di Kalimantan Utara seluas 13 ribu hektare yang akan menggunakan sumber energi ramah lingkungan seperti hydropower dan solar panel farm sehingga produk yang dihasilkan akan ramah lingkungan. “Sekali lagi, Indonesia selalu menjalankan komitmen. Indonesia tidak suka membuat retorika. Tapi kami terus bekerja untuk memenuhi komitmen. Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan apresiasi komitmen investasi bapak ibu sekalian ke Indonesia sebesar US$9,29 miliar. Indonesia siap menjadi mitra yang baik bagi investasi anda,” tandas Jokowi.

Adapun para CEO yang hadir dalam kesempatan tersebut bergerak di berbagai macam industri, antara lain di bidang renewable energy, sustainable commodities dan keuangan serta infrastruktur yang berasal perusahaan-perusahaan terkemuka antara lain British Petroleum (BP), Jardine Matheson, Mars Wrigley UK, Standard Chartered, HSBC, dan Shire Oak.

Mendengarkan penjelasan Presiden, para CEOs sepakat menganggap Indonesia sebagai tempat yang menarik untuk berinvestasi dan juga mendukung keketuaan Indonesia di G20.

Indonesia, menurut mereka, telah menjadi destinasi yang sangat atraktif bagi investasi asing, Foreign Direct Investment. (OL-8)

Baca Juga

SAUL LOEB / AFP

AS-Korsel Serukan Jaga Kawasan Indo-Pasifik Tetap Bebas dan Terbuka

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:46 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol bersepakat kawasan Indo-Pasifik tetap bebas dan terbuka serta...
AFP/Nicholas Kamm.

Kepala HAM PBB akan Lakukan Perjalanan Penting ke Xinjiang Tiongkok

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:16 WIB
Misi selama enam hari Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet itu menyusul permintaan bertahun-tahun untuk akses yang bermakna...
UKRAINIAN INTERIOR MINISTRY PRESS SERVICES/AFP.

8 Orang Terluka dalam Serangan Rusia di Pusat Budaya Ukraina

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:30 WIB
Gubernur regional Kharkiv Oleg Sinegubov mengatakan delapan orang terluka, termasuk seorang gadis berusia 11...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya