Kamis 28 Oktober 2021, 21:13 WIB

Menteri Israel Kritik Label Teroris kepada Kelompok HAM Palestina

Mediaindonesia.com | Internasional
Menteri Israel Kritik Label Teroris kepada Kelompok HAM Palestina

AFP/Abbas Momani.
Aktivis sayap kiri Israel berkumpul dengan aktivis Palestina di Al-Haq Foundation, Ramallah Tepi Barat, untuk mengecam keputusan Israel.

 

PELABELAN teroris Israel yang mengejutkan terhadap enam kelompok masyarakat sipil Palestina telah memecah koalisi yang berkuasa. Cap teroris itu menerpa kelompok aliran Marxis bernama Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP).

Langkah yang diumumkan Jumat lalu oleh Menteri Pertahanan Benny Gantz menyebabkan gelombang kejutan, termasuk di antara para donor Eropa yang mendukung kelompok sasaran serta Amnesty International dan Human Rights Watch. Organisasi nonpemerintah atau LSM Israel yang bermitra dengan orang-orang Palestina yang terlibat juga menyuarakan keheranan.

Begitu juga beberapa pihak di media, mengingat menonjolnya kelompok-kelompok yang terlibat, khususnya LSM Al-Haq. Kelompok hak asasi tersebut didirikan pada 1979 oleh penulis Raja Shehadeh, seorang kontributor majalah New Yorker.

Gantz juga mendapat serangan dari dalam pemerintahan Israel, aliansi rentan delapan partai yang mencakup politisi sayap kiri. Menteri Kesehatan Nitzan Horowitz, pemimpin Meretz yang moderat, memperingatkan bahwa sebagai kekuatan militer pendudukan Israel perlu sangat berhati-hati dalam menjatuhkan sanksi terhadap organisasi sipil Palestina karena ada konsekuensi politik, diplomatik dan, yang lebih penting, hak asasi manusia.

Menteri Transportasi dan Pemimpin Buruh Merav Michaeli mengatakan, "Cara pengumuman itu dibuat menyebabkan kerusakan besar bagi Israel dengan teman-teman kita yang terbesar dan terpenting." 

Baca juga: 12 Negara Eropa Desak Israel Batalkan Pemukiman Tepi Barat

Namun kantor Gantz tidak goyah dan berkeras bahwa penyelidikan pembentukan keamanan bersama telah membuktikan enam kelompok beroperasi sebagai jaringan terorganisasi di bawah kepemimpinan PFLP sebagai kelompok Marxis yang dikenal. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/CLAUDIO REYES

Cile Konfirmasi Kasus Pertama Varian Omicron

👤Basuki Eka Purnama, Nur Aivanni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 08:30 WIB
Pelancong itu memberikan bukti negatif tes PCG namun saat menjalani tes wajib di bandara, dia dinyatakan...
AFP/Justin SULLIVAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Dituding Bantu Kakak Melawan Tudingan Pelecehan Seksual, Chris Cuomo Dipecat CNN

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 08:15 WIB
Pemecatan itu dilakukan setelah munculnya dokumen yang menyebut Cuomo memberikan masukkan kepada kakaknya dalam kasus pelecehan...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Pemukiman Israel akan Percepat Implementasi Ultimatum Presiden Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 21:36 WIB
Abbas berargumen bahwa jika kondisi itu tidak terpenuhi, pengakuan atas Palestina terkait perbatasan pada 1967 mungkin bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya