Rabu 27 Oktober 2021, 21:04 WIB

AS Kritik Keras, Israel Lanjutkan Pembangunan 3.000 Rumah di Palestina

Mediaindonesia.com | Internasional
AS Kritik Keras, Israel Lanjutkan Pembangunan 3.000 Rumah di Palestina

AFP/Ahmad Gharabli.
Permukiman Israel di Efrat di pinggiran selatan Betlehem di Tepi Barat yang diduduki.

 

ISRAEL tetap maju dengan rencana pembangunan lebih dari 3.000 rumah pemukim di Tepi Barat, Palestina, yang diduduki pada Rabu (27/10). Padahal Amerika Serikat dengan tegas mengkritik konstruksi tersebut.

"Komite Perencanaan Tinggi Administrasi Sipil memberikan lampu hijau final untuk 1.800 rumah dan persetujuan awal untuk 1.344 lain," kata juru bicara badan militer yang mengawasi masalah sipil di wilayah Palestina kepada AFP.

Persetujuan itu datang sehari setelah Amerika Serikat mengkritik Israel karena kebijakannya membangun permukiman. Pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan sangat menentang pembangunan baru di Tepi Barat.

Posisi pemerintahan Biden dalam masalah ini sangat kontras dengan pendahulunya Donald Trump. Kepresidenan masa Trump melihat AS menawarkan lampu hijau untuk aktivitas Israel di tanah Palestina yang diduduki.

Rumah-rumah yang disetujui pada Rabu tersebar di Tepi Barat, dari pinggiran kota Jerusalem ke lingkungan permukiman baru jauh di dalam wilayah tersebut. Kementerian Perumahan Israel secara terpisah pada Minggu menerbitkan tender untuk membangun 1.355 rumah baru di Tepi Barat.

Baca juga: AS Kecam Israel Atas Pembangunan Baru di Tepi Barat

Sekitar 475.000 orang Yahudi Israel tinggal di permukiman di Tepi Barat. Permukiman itu dianggap ilegal menurut hukum internasional karena berada di tanah yang diklaim Palestina sebagai bagian dari negara masa depan mereka. Ekspansi pemukiman Israel di Tepi Barat dan Jerusalem timur yang dianeksasi terus berlanjut di bawah setiap pemerintahan Israel sejak 1967. (AFP/OL-14)

Baca Juga

dok.mi

Presiden AAYG Dukung Pemerintah RI Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:45 WIB
Presiden Asian African Youth Government (AAYG), Respiratori Saddam Al Jihad mendukung pemerintah RI untuk terlibat aktif mewujudkan...
dok.AFP

Ukraina Klaim Sukses Buat Rusia Kelabakan di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:21 WIB
Ukraina telah menyatakan kesuksesan atas sejumlah serangan di Krimea yang membuat Rusia panik. Kyiv akan melanjutkannya sampai kekuatan...
AFP/MOHAMMED ABED

Israel Akhirnya Akui Membunuh 5 Anak Palestina yang Sedang Bermain

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:52 WIB
Saat terjadinya serangan, militer Israel sempat mengklaim kelima anak itu tewas akibat terkena roket milik Jihad...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya