Kamis 26 Agustus 2021, 15:52 WIB

Warga Afghanistan Diizinkan Naik Penerbangan Komersial Setelah 31 Agustus

Nur Aivanni | Internasional
Warga Afghanistan Diizinkan Naik Penerbangan Komersial Setelah 31 Agustus

ERIC LALMAND / Belga / AFP
Maskapai Air Belgium yang membawa warga Afghanistan terbang dari Kabul dan mendarat di Bandara Melsbroek, Belgia, Selasa (24/8).

 

PEMERINTAH Taliban telah mengatakan kepada Jerman bahwa warga Afghanistan dengan dokumen yang sah akan dapat melakukan perjalanan dengan penerbangan komersial setelah tanggal 31 Agustus 2021, setelah itu evakuasi dari bandara Kabul tidak akan diizinkan lagi, kata seorang diplomat senior Jerman, pada Rabu (25/8).

"Pemimpin Stanekzai meyakinkan saya bahwa warga Afghanistan dengan dokumen yang sah akan terus memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan dengan penerbangan komersial setelah 31 Agustus," kata Duta Besar Markus Potzel, yang bernegosiasi dengan Taliban di Doha, Qatar, di Twitter.

Mantan utusan Jerman untuk Kabul itu mengacu pada kepala kantor politik Taliban di Doha, Sher Mohammad Abbas Stanekzai, yang ditemuinya untuk pembicaraan pada Selasa saat negara-negara Barat berusaha mengevakuasi warga dan staf Afghanistan keluar dari Kabul.

"Kami berbicara tentang kebutuhan mendesak untuk bandara yang berfungsi di Kabul sebagai prasyarat untuk kehadiran diplomatik & LSM di Afghanistan," tambah Potzel, yang telah bernegosiasi dengan Taliban secara ekstensif di masa lalu.

Taliban telah meminta bantuan teknis kepada Turki untuk menjalankan bandara Kabul setelah kepergian pasukan asing, tetapi bersikeras bahwa militer Ankara juga mundur sepenuhnya pada batas waktu akhir Agustus 2021, menurut dua pejabat Turki.

Potzel mencatat bahwa Jerman telah berjanji untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Afghanistan sebesar €100 juta (S$160 juta).

Tetapi, tambahnya, dimulainya kembali kerja sama pembangunan akan tergantung pada kondisi, seperti yang telah terjadi dengan pemerintah Afghanistan di masa lalu. (Straits Times/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP.

Dubes Ukraina Mohon Jakarta Bela Muslim Tatar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:45 WIB
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasil Hamianin berharap pascakunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dapat dilanjutkan dengan bantuan...
Ist/Tass

Tiongkok Bocorkan Tujuan AS Dukung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:58 WIB
Duta Besar Tiongkok untuk Rusia, Zhang Hanhui, juga menuduh Washington berusaha menghancurkan Moskow lewat konflik...
AFP KCNA VIA KNS

Korut Tuduh Korsel Sebarkan Covid-19 di Negaranya

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:50 WIB
Saudari Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, Yo Jong menuduh Korea Selatan (Korsel) menyebarkan Covid-19 di negaranya melalui balon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya