Minggu 01 Agustus 2021, 22:59 WIB

Militer Myanmar Janjikan Pemilu dan Siap Kerja Sama dengan ASEAN

Nur Aivanni | Internasional
Militer Myanmar Janjikan Pemilu dan Siap Kerja Sama dengan ASEAN

AFP
Min Aung Hlaing

 

PEMIMPIN militer Myanmar Min Aung Hlaing kembali menjanjikan pemilu yang baru dan mengatakan pemerintahnya siap bekerja dengan utusan khusus yang ditunjuk oleh ASEAN.

Dia berbicara dalam pidato yang disiarkan televisi, enam bulan setelah tentara merebut kekuasaan dari pemerintah sipil. Perebutan kekuasaan tersebut dilakukan setelah pemilu yang disengketakan. Pemilu tersebut dimenangkan oleh partai pemenang Nobel Aung San Suu Kyi.

"Myanmar siap melakukan kerja sama ASEAN dalam kerangka ASEAN termasuk dialog dengan Utusan Khusus ASEAN di Myanmar," kata Jenderal Senior Min Aung Hlaing, Minggu (1/8).

Para menteri luar negeri dari anggota ASEAN berada di bawah tekanan untuk menunjuk seorang utusan khusus untuk Myanmar pekan ini setelah negosiasi berbulan-bulan gagal menemukan kandidat konsensus.

Enam bulan setelah militer menggulingkan pemerintah Myanmar yang terpilih secara demokratis, para menteri luar negeri ASEAN akan bertemu pada Senin (2/8). Para diplomat mengatakan mereka bertujuan untuk menyelesaikan terkait utusan khusus yang ditugaskan untuk mengakhiri kekerasan dan mempromosikan dialog antara junta dan lawan-lawannya.

Pencarian utusan khusus dimulai pada April, ketika para pemimpin ASEAN menghasilkan lima poin konsensus untuk mengatasi gejolak di Myanmar. PBB dan AS sama-sama mendesak ASEAN untuk mempercepat penunjukan utusan khusus dalam beberapa pekan terakhir.

Menteri Luar Negeri Kedua Brunei Erywan Yusof mengatakan pada Jumat malam lalu bahwa dia berharap keputusan akhir akan dibuat pada Senin. Tanpa utusan yang memimpin, katanya, sangat sulit untuk mengatasi situasi di Myanmar.

ASEAN terpecah terkait utusan khusus tersebut, dan tengah membahas untuk menunjuk lebih dari satu kandidat untuk memecahkan kebuntuan.

Empat sumber diplomatik regional mengatakan Erywan difavoritkan menjadi utusan khusus dan dibantu oleh penasihat. Namun pertemuan pejabat senior ASEAN pada Kamis lalu, kata mereka, gagal mencapai kesepakatan. Erywan pun secara terbuka mengonfirmasi bahwa dia adalah salah satu dari empat kandidat.

Para diplomat mengatakan kandidat lainnya adalah Wakil Menteri Luar Negeri Thailand Weerasak Footrakul, mantan Menteri Luar Negeri Indonesia Hassan Wirajuda dan diplomat veteran Malaysia Razali Ismail.

Selain sembilan anggota ASEAN lainnya, ujar mereka, rezim militer Myanmar harus menyetujui penunjukan tersebut. Seorang juru bicara Pemerintah Persatuan Nasional Myanmar yang menentang junta militer, mengatakan utusan itu harus mengedepankan kepentingan rakyat Myanmar.

ASEAN, kata para diplomat, juga akan mengumumkan proposal untuk memberikan bantuan kepada Myanmar, termasuk dukungan untuk memerangi pandemi. (Straits Times/OL-8)

Baca Juga

Aamir QURESHI / AFP

PM Pakistan Serukan Kerja Sama dengan Taliban, PM India Bereaksi

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 10:09 WIB
Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan menuduh pemerintah India melakukan teror terhadap umat...
AFP.

Rusia Minta AS Dekati Iran Lebih Aktif demi Kesepakatan Nuklir

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 09:40 WIB
Diskusi antara Iran dan lima negara yang tersisa yang bertujuan menghidupkan kembali kesepakatan itu dimulai di Wina pada...
AFP/Thomas Coex.

Prancis akan Gandakan Dosis Vaksin Covid-19 untuk Negara Miskin

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 08:25 WIB
Pada Rabu, Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka akan menggandakan sumbangan dosis vaksinnya, sehingga total kontribusinya menjadi 1,1...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya