Kamis 29 Juli 2021, 15:57 WIB

Australia akan Kembalikan Karya Seni 'Curian' ke India

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Australia akan Kembalikan Karya Seni

NATIONAL GALLERY OF AUSTRALIA / AFP
Australia akan mengembalikan 14 karya seni ke India, termasuk setidaknya enam yang diyakini telah dicuri atau diekspor secara ilegal.

 

AUSTRALIA akan mengembalikan 14 karya seni ke India, termasuk setidaknya enam yang diyakini telah dicuri atau diekspor secara ilegal.

Galeri Nasional Australia di Canberra mengidentifikasi karya yang meliputi patung, foto, dan gulungan sebagai karya curian, jarahan, atau tidak diketahui asalnya.

Koleksinya sebagian besar terdiri dari artefak agama dan budaya senilai total sekitar US$2,2 juta, termasuk beberapa yang berasal dari abad ke-12.

Direktur galeri Nick Mitzevich mengatakan bahwa karya-karya itu akan dikembalikan ke pemerintah India dalam beberapa bulan.

"Ini melegakan bahwa mereka dapat dikembalikan kepada orang-orang India, dan itu adalah resolusi Galeri Nasional untuk menutup babak yang sangat sulit dari sejarah kita," kata Mitzevich pada Kamis (29/7).

Tiga belas dari karya tersebut terkait dengan tersangka penyelundup Subhash Kapoor, mantan pedagang seni Manhattan yang menjadi subyek penyelidikan federal Amerika Serikat yang dikenal sebagai Operation Hidden Idol. Kapoor, yang sedang menunggu persidangan, menyangkal semua tuduhan.

Galeri Nasional Australia telah mengembalikan beberapa karya lain yang diperolehnya melalui Kapoor, termasuk patung perunggu dewa Hindu Siwa senilai US$5 juta yang dicuri dari sebuah kuil Tamil Nadu.

Mitzevich mengatakan telah memperkenalkan pedoman untuk menilai setiap masalah hukum dan etika dengan karya-karya yang dipegangnya, dan sedang menyelidiki tiga patung lain dari koleksi Asia-nya.

"Ini adalah masalah langsung dengan galeri di seluruh dunia. Dan kami ingin memastikan bahwa kami dapat menyelesaikan masalah ini tepat waktu,” tuturnya.

Banyak barang antik yang ditangani Kapoor berasal dari abad ke-11 dan ke-12, ketika dinasti Chola memimpin perkembangan seni Hindu di Tamil Nadu.

Sejak penangkapan Kapoor pada 2011, AS juga telah mengembalikan ratusan artefak. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Berakhirnya Panjajahan Israel dan Berdirinya Palestina tidak Tergantung Bennett

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:26 WIB
Al-Sheikh menanggapi pernyataan Bennett bahwa dia tidak akan berdamai dengan Otoritas Palestina atau bernegosiasi dengannya atau mendukung...
AFP/Julien De Rosa.

Aktivis Palestina yang Dibebaskan Sebut Mesir sebagai Penjara Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:33 WIB
Pada awalnya rekan-rekan tahanannya sebagian besar ialah aktivis masyarakat sipil atau pendukung kelompok Islamis termasuk Ikhwanul...
AFP/Menahem Kahana.

Buku Baru Ungkap Israel Hancurkan Wilayah Mughrabi Jerusalem Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:16 WIB
Lemire, direktur Pusat Penelitian Prancis di Jerusalem, menelusuri sejarah daerah itu dalam buku yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya