Kamis 10 Juni 2021, 15:42 WIB

Iran Lelah Disanksi Satu Dekade Terus Menerus

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Lelah Disanksi Satu Dekade Terus Menerus

AFP/Atta Kenare.
Warga Iran berbelanja di Grand Bazaar ibu kota Iran, Teheran, Rabu (9/6).

 

IRAN telah lelah dengan satu dekade sanksi terus-menerus. Sejak 2011, sekitar delapan juta orang telah turun dari kelas menengah ke strata kelas menengah ke bawah. Masyarakat miskin (telah) membengkak lebih dari empat juta.

Itu ditulis ekonom Djavad Salehi-Isfahani dalam studi terbaru yang diterbitkan oleh Universitas John Hopkins. "Masalah itu diperparah dengan datangnya pandemi covid-19 pada 2020. Selain kurangnya sumber daya untuk membantu mereka yang kehilangan pekerjaan, pemerintah juga belum dapat dengan mudah menjangkau mayoritas pekerja Iran yang memiliki pekerjaan informal."

Krisis juga telah secara tajam mengurangi investasi infrastruktur oleh pemerintah. "Bukan kebetulan bahwa kita mulai melihat pemadaman listrik di Iran," kata  Thierry Coville dari Institut Hubungan Internasional dan Strategis di Paris. Ia mengacu pada pemadaman baru-baru ini.

Kubu konservatif Iran telah lama menyalahkan para reformis karena secara naif mempercayai Barat dalam menyetujui kesepakatan nuklir. Namun Rouhani pada Rabu (9/6) membela pencapaian penting selama delapan tahun menjabat.

"Kesepakatan nuklirlah yang menempatkan negara itu di jalan menuju pembangunan (ekonomi). Hari ini solusi untuk masalah negara yakni semua orang kembali ke kesepakatan itu," katanya. "Kami tidak tahu cara lain."

 

Semua tujuh kandidat presiden--termasuk lima ultrakonservatif yang telah berulang kali mengkritik kesepakatan itu--sekarang setuju bahwa prioritas utama Iran ialah membuat Amerika Serikat mencabut sanksi. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Lillian SUWANRUMPHA / AFP

Ratusan Demonstran Tuntut PM Thailand Mundur dari Jabatan

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:41 WIB
Gerakan pro-demokrasi di Thailand telah kehilangan mereda setelah merebak wabah Covid-19 dan aparat keamanan memenjarakan para pemimpin...
ANTARA FOTO/R. Rekotomo/

Mantan Presiden Filipina Benigno Aquino III Meninggal Dunia

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 24 Juni 2021, 12:59 WIB
Benigno Aquino III, mantan Presiden Filipina, meninggal di Manila pada Kamis (24/6). Dia meninggal di usia 61...
HOANG DINH Nam / AFP

Mantan Presiden Filipina Benigno 'Noynoy' Aquino Tutup Usia

👤Adiyanto 🕔Kamis 24 Juni 2021, 12:47 WIB
Dia merupakan putra mendiang mantan Presiden Corazon Aquino dan suaminya yang terbunuh, senator Benigno...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya