Kamis 10 Juni 2021, 15:42 WIB

Iran Lelah Disanksi Satu Dekade Terus Menerus

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Lelah Disanksi Satu Dekade Terus Menerus

AFP/Atta Kenare.
Warga Iran berbelanja di Grand Bazaar ibu kota Iran, Teheran, Rabu (9/6).

 

IRAN telah lelah dengan satu dekade sanksi terus-menerus. Sejak 2011, sekitar delapan juta orang telah turun dari kelas menengah ke strata kelas menengah ke bawah. Masyarakat miskin (telah) membengkak lebih dari empat juta.

Itu ditulis ekonom Djavad Salehi-Isfahani dalam studi terbaru yang diterbitkan oleh Universitas John Hopkins. "Masalah itu diperparah dengan datangnya pandemi covid-19 pada 2020. Selain kurangnya sumber daya untuk membantu mereka yang kehilangan pekerjaan, pemerintah juga belum dapat dengan mudah menjangkau mayoritas pekerja Iran yang memiliki pekerjaan informal."

Krisis juga telah secara tajam mengurangi investasi infrastruktur oleh pemerintah. "Bukan kebetulan bahwa kita mulai melihat pemadaman listrik di Iran," kata  Thierry Coville dari Institut Hubungan Internasional dan Strategis di Paris. Ia mengacu pada pemadaman baru-baru ini.

Kubu konservatif Iran telah lama menyalahkan para reformis karena secara naif mempercayai Barat dalam menyetujui kesepakatan nuklir. Namun Rouhani pada Rabu (9/6) membela pencapaian penting selama delapan tahun menjabat.

"Kesepakatan nuklirlah yang menempatkan negara itu di jalan menuju pembangunan (ekonomi). Hari ini solusi untuk masalah negara yakni semua orang kembali ke kesepakatan itu," katanya. "Kami tidak tahu cara lain."

 

Semua tujuh kandidat presiden--termasuk lima ultrakonservatif yang telah berulang kali mengkritik kesepakatan itu--sekarang setuju bahwa prioritas utama Iran ialah membuat Amerika Serikat mencabut sanksi. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/ANDREAS SOLARO

Temuan Teranyar Beri Informasi Baru Mengenai Letusan Gunung Vesuvius

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:00 WIB
Kerangka pria yang diduga berusia antara 40 dan 45 tahun ditemukan di bawah bebatuan vulkanis, di lokasi yang diduga sebagai garis pantai...
AFP/STR

Tiongkok Kirimkan Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 04:24 WIB
Mereka dijadwalkan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Tiangong selama 6...
AFP/Javed Tanveer.

Tembakan Awali Bom Bunuh Diri saat Salat Jumat Masjid Syiah Afghanistan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:30 WIB
Serangan itu terjadi hanya seminggu setelah serangan bunuh diri terhadap jemaah Syiah di masjid dalam kota utara Kunduz yang diklaim oleh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya