Minggu 18 April 2021, 10:18 WIB

Rep Ceko Usir 18 Doplomat Rusia Terkait Ledakan 2014

Basuki Eka Purnama | Internasional
Rep Ceko Usir 18 Doplomat Rusia Terkait Ledakan 2014

AFP/Michal Cizek
Perdana Menteri Rep Ceko Andrej Babis (kanan) bersama Menteri Luar Negeri Jan Hamacek kala konferensi pers di Praha, Rep Ceko.

 

PEMERINTAH Rep Ceko, Sabtu (17/4), mengatakan telah mengusir 18 diplomat Rusia yang diidentifikasi oleh intelejen setempat sebagai agen rahasia SVR dan GRU asal Rusia dan diduga terlibat dalam aksi pengeboman 2014.

Kepolisian Rep Ceko juga mengatakan tengah memburu dua warga Rusia yang terkait dengan ledakan yang menewaskan dua orang itu serta terlibat dalam upaya meracuni mantan agen ganda Rusia Sergei Skripal pada 2018.

"Sebanyak 18 karyawan kedutaan besar Rusia harus meninggalkan negara kita dalam tempo 48 jam," ujar Menteri Luar Negeri Rep Ceko Jan Hamacek.

Baca juga: Macron Minta Dunia Tegas dengan Rusia Soal Ukraina

Perdana Menteri Rep Ceko Andrej Babjis mengatakan otoritas Rep Ceko memiliki bukti yang mengaitkan personel GRU dari unit 29155 dengan ledakan di gudang amunisi militer di dekat Desa Vrbetice.

Dia menambahkan menerima informasi itu pada Jumat (16/4) tanpa menjelaskan mengapa penyelidikan terkait ledakan itu memakan waktu lama.

"Ledakan itu menyebabkan kerusakan besar dan merupakan ancaman serius bagi warga lokal serta membunuh dua warga," ujar Babis.

Ledakan itu terjadi pada 15 Oktober 2014 di sebuah gudang yang menyimpan 58 ton amunisi. Beberapa bulan kemudian, terjadi ledakan besar di sebuah gudang di dekat lokasi sebelumnya dan menghancurkan 98 ton amunisi. (AFP/OL-1)

Baca Juga

alamy.com

Universitas yang Didirikan Jack Ma Berganti Nama

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 01:09 WIB
Hupan University yang didirikan oleh pendiri raksasa e-dagang Alibaba, Jack Ma, berganti nama, demikian media Tiongkok, Selasa...
forbes.com

Maskapai Amerika Wajibkan Tes Covid-19 untuk Tujuan Italia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 00:19 WIB
Pemerintah Italia melonggarkan sejumlah pembatasan dan persyaratan perjalanan terkait COVID-19 dalam upaya meningkatkan pariwisata musim...
politico.eu

Emmanuel Macron Gelar KTT Bahas Pemulihan Ekonomi Afrika

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Mei 2021, 23:56 WIB
Untuk menemukan cara membiayai ekonomi Afrika yang dirugikan oleh pandemi COVID-19 dan membahas penanganan hutang miliaran dolar di benua...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya