Sabtu 10 April 2021, 10:40 WIB

Helikopter Luar Angkasa NASA Siap Terbang di Mars

Basuki Eka Purnama | Internasional
Helikopter Luar Angkasa NASA Siap Terbang di Mars

AFP/Handout / NASA/JPL-Caltech/MSSS
Helikopter Mars milik NASA Ingenuity

 

HELIKOPTER yang ditempatkan NASA di Mars dijadwalkan melakukan penerbangan di Planet Merah itu dalam tempo dua hari setelah sukses menguji rotornya. Hal itu diungkapkan Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (AS) itu, Jumat (9/4).

Rencana untuk penerbangan pertama helikopter yang diberi nama Ingenuity itu adalah lepas landas dari Kawah Jezero pada Senin (12/4) pukul 2.54 GMT dan terbang di ketinggian 3 meter di atas permukaan selama tiga menit.

"Kondisi helikopter itu bagus. Semua tampak baik," ujar Tim Canham, pemimpin operasi Ingenuity.

Baca juga: AS Tunggu Iran untuk Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir

"Tadi malam, kami mencoba putaran 50 rpm, dengan menyalakan semua baling-baling dengan perlahan dan berhati-hati," imbuhnya.

Rencananya, pada Minggu (11/4), Ingenuity akan terbang hanya secara vertikal, bertahan selama 30 detik untuk mengambil gambar kendaraan penjelajah Mars Perseverance, yang mendarat di Mars pada 18 Februari.

Penerbangan itu akan berlangsung secara mandiri dengan program yang telah disiapkan di dalam helikopter itu mengingat sinyal butuh 15 menit untuk mencapai Mars dari Bumi serta kondisi Mars yang berat.

"Mars bukan hanya sulit untuk didarati namun juga berat saat Anda lepas landas dan terbang di sekelilingnya," ujar Project Manager Ingenuity Mimi Aung. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Luis Acosta

Uni Emirat Arab Mulai Berikan Vaksin untuk Anak Usia 3 Hingga 17 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 20:05 WIB
Uni Emirat Arab (UAE) akan mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 buatan Sinopharm, Tiongkok, pada anak-anak usia 3 hingga 17...
taiwannews.com.tw

Penyanyi Hong Kong Anthony Wong Dituduh Tindak Pidana Korupsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 19:25 WIB
Lembaga anti korupsi Hong Kong pada Senin (2/8) menuduh penyanyi dan aktivis pro-demokrasi terkenal, Anthony Wong, dengan "tindak...
AFP

India Laporkan 40.134 Kasus Baru Covid-19 dalam 24 Jam Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 19:00 WIB
India melaporkan 40.134 kasus baru infeksi virus korona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir, kata pernyataan pemerintah negara itu, Senin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya