Sabtu 10 April 2021, 10:12 WIB

AS Tunggu Iran untuk Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir

 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
AS Tunggu Iran untuk Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir

JOE KLAMAR / AFP
Polisi menenangkan kelompok demonstran anti-Iran di depan hotel lokasi pertemuan Uni Eropa, Iran, Tiongkok, dan Rusia di Wina, Austria.

 

AMERIKA Serikat (AS) menawarkan gagasan sangat serius kepada Iran tentang bagaimana menghidupkan kembali kesepakatan nuklir selama pembicaraan di Wina, Austria.

"Tim Amerika Serikat mengajukan gagasan yang sangat serius dan menunjukkan keseriusan tujuan untuk kembali ke penyesuaian jika Iran kembali ke penyesuaian," kata seorang pejabat AS kepada wartawan saat pembicaraan berakhir akhir pekan.

Tetapi pejabat itu mengatakan Amerika Serikat sedang menunggu Iran membalas upayanya.

"Kami melihat beberapa tanda-tandanya tetapi tentu saja tidak cukup. Masih ada tanda tanya tentang apakah Iran memiliki kesediaan untuk mengambil pendekatan pragmatis yang telah diambil Amerika Serikat untuk kembali memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan," imbuhnya.

Presiden Joe Biden mendukung kembalinya perjanjian 2015 yang dihancurkan oleh mantan Presiden Donald Trump di mana Iran secara drastis mengurangi pekerjaan nuklir dengan imbalan janji-janji keringanan sanksi.

Iran telah menuntut agar Amerika Serikat terlebih dahulu mencabut semua sanksi yang dijatuhkan oleh Trump sebelum membatalkan langkah kepatuhan nuklir yang telah diambilnya sebagai protes. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP/Luis Acosta

Uni Emirat Arab Mulai Berikan Vaksin untuk Anak Usia 3 Hingga 17 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 20:05 WIB
Uni Emirat Arab (UAE) akan mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 buatan Sinopharm, Tiongkok, pada anak-anak usia 3 hingga 17...
taiwannews.com.tw

Penyanyi Hong Kong Anthony Wong Dituduh Tindak Pidana Korupsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 19:25 WIB
Lembaga anti korupsi Hong Kong pada Senin (2/8) menuduh penyanyi dan aktivis pro-demokrasi terkenal, Anthony Wong, dengan "tindak...
AFP

India Laporkan 40.134 Kasus Baru Covid-19 dalam 24 Jam Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 19:00 WIB
India melaporkan 40.134 kasus baru infeksi virus korona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir, kata pernyataan pemerintah negara itu, Senin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya