Rabu 31 Maret 2021, 07:16 WIB

AS Buka Pangkalan Militer untuk Tampung Imigran Anak-Anak

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Buka Pangkalan Militer untuk Tampung Imigran Anak-Anak

AFP/Dario Lopez-Mills
Imigran anak-anak bermain di lapangan di fasilitas milik Departemen Pertahanan Dalam Negeri di Donna.

 

MILITER Amerika Serikat, Selasa (30/3), membuka pangkalan militer di Texas untuk menampung imigran anak-anak seiring meningkatnya jumlah anak-anak dan keluarga yang menyeberang dari Meksiko.

Departemen Kesehatan dan Pelayanan Manusia (HHS), yang ditugaskan menangani ribuan imigran anak-anak yang melintasi perbatasan tanpa orangtua mereka, mengatakan sekitar 500 anak telah ditampung di Fort Bliss, pangkalan militer yang berada sekitar 5 kilometer dari perbatasan AS-Meksiko di El Paso.

"Anak-anak itu disambut oleh staf, menjalani pemeriksaan kesehatan, mendapatkan pakaian, alat mandi, makanan, dan snack, serta tempat beristirahat," ujar perwakilan HHS.

Baca juga: Donald Trump Luncurkan Situs Web Pribadi

Menurut data pemerintah AS, pada Senin (29/3), HHS telah menampung 12.035 imigran anak-anak, saat Bea Cukai dan Badan Perlindungan Perbatasan AS, lembaga yang memproses imigran, menampung sekitar 4.068.

Pemerintahan Presiden Joe Biden berkomitmen mengizinkan anak berusia di bawah 17 tahun untuk melintas perbatasan tanpa orangtua dan keluarga dan bertahan di wilayah AS, keputusan yang disebut kritik akan memicu arus imigran.

Jumlah imigran anak-anak ke AS terus meningkat dengan rata-rata 500 anak-anak tanpa orangtua melintasi perbatasan setiap harinya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Dok MI

AS dan Tiongkok Terus Dominasi Indo-Pasifik

👤Nur Aivanni  🕔Senin 06 Desember 2021, 17:03 WIB
Asia Power Index mempertimbangkan berbagai ukuran, termasuk kemampuan ekonomi dan militer, hubungan ekonomi dan jaringan pertahanan, serta...
AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar akan Jatuhkan Vonis Pertama dalam Persidangan Suu Kyi, Hari Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:14 WIB
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dan Presiden Myanmar yang digulingkan Win Myint, masing-masing menghadapi hukuman penjara hingga lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya