Sabtu 27 Maret 2021, 11:59 WIB

Menlu Minta Perlindungan WNI di Amerika Serikat

Andhika Prasetyo | Internasional
Menlu Minta Perlindungan WNI di Amerika Serikat

Megan Varner/Getty Images/AFP
Para demonstran melakukan aksi solidaritas terhadap warga Asia-Pasifik yang menjadi korban rasialisme di Atlanta, Georgia, Sabtu (20/3/2021)

 

DUA remaja asal Indonesia menjadi korban serangan di stasiun kereta di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Pemerintah pun langsung pasang badan untuk memastikan kedua remaja tersebut serta seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Negeri Paman Sam dalam kondisi aman.

"Kemarin Dirjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri telah melakukan pembicaraan langsung dengan Acting Assistant Secretary for East Asia and Pacific AS. Di situ, kita menyampaikan concern serta memohon perlindungan dan keselamatan seluruh WNI di AS," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan, Sabtu (27/3).

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York, AS, pun telah mengeluarkan imbauan resmi kepada seluruh WNI untuk selalu waspada dan meningkatkan kehati-hatian di tengah situasi yang memanas di AS.

baca juga: Ratusan Demonstran Dukung Komunitas Asia-Amerika

"Jika ada yang mengalami insiden, WNI harus segera melapor kepada aparat keamanan atau menghubungi hotline perwakilan RI," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, gerakan anti-Asia kini tengah merebak di AS. Tindakan rasisme tersebut muncul karena adanya anggapan bahwa warga Asia, terutama Tiongkok membuat dunia mengalami krisis akibat covid-19. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:41 WIB
"Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat...
AFP/YURIY DYACHYSHYN

Ukraina Keluhkan Krisis Energi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 10:43 WIB
"Sampai malam ini, pemadaman listrik berlanjut di sebagian besar wilayah (Ukraina) dan di Kyiv. Secara total, lebih dari enam juta...
ANTARA/Maha Eka Swasta

Kemenlu Sebut tidak Ada WNI jadi Korban Banjir Jeddah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 06:53 WIB
"Hingga saat ini tidak ada WNI yang dilaporkan menjadi korban dalam peristiwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya