Kamis 25 Maret 2021, 06:31 WIB

Jaksa AS Minta Facebook dan Twitter Tindak Unggahan Antivaksin

Basuki Eka Purnama | Internasional
Jaksa AS Minta Facebook dan Twitter Tindak Unggahan Antivaksin

AFP/Denis Charlet
Logo Facebook dan Twitter terlihat di sebuah layar komputer.

 

SEBANYAK 12 jaksa Amerika Serikat (AS), Rabu (24/3), meminta Facebook dan Twitter mengambil langkah yang lebih tegas untuk menghentikan penyebaran informasi yang tidak benar mengenai vaksin covid-19 di media sosial.

Dalam surat yang dikirimkan kepada bos Facebook Mark Zuckerberg dan pemimpin Twitter Jack Dorsey, jaksa-jaksa negara bagian AS itu menuntut agar kedua jejaring sosial itu menghapus akun-akun dari kelompok anti-vaxxers.

"Orang dan kelompok yang menyebarkan informasi yang tidak benar dan menyesatkan warga AS mengenai keamanan vaksin covid-19 mengancam kesehatan komunitas kita, memperlambat perlindungan diri warga AS, dan mengancam pemulihan ekonomi negara kita," tulis para jaksa itu.

Baca juga: Wina akan Berlakukan Lockdown Selama Paskah

Surat, yang ditandangi oleh Jaksa Agung New York Letitia James itu, mengutip data dari Pusat Antikebencian Digital yang memperkirakan ada 59 juta pelanggan di akun antivaksin di Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.

Surat itu menambahkan data tersebut juga memperkirakan sebanyak 12 akun bertanggung jawab pada 65% konten antivaksinasi di Facebook, Instagram, dan Twitter.

Kelompok Anti-vaxxers menggunakan media sosial untuk menargetkan komunitas kulit hitam, yang sejak awal lebih skeptis terhadap vaksin karena alasan sejarah.

Para jaksa mengkritik Facebook karena dianggap gagal menempelkan label misinformasi pada laman dan kelompok yang dibuat oleh aktivis antivaksin. (AFP/OL-1)

Baca Juga

medcom.id

Kematian Akibat Hepatitis Misterius di AS Meningkat

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 12:45 WIB
Hipotesis utama tetap bahwa adenovirus 41 memiliki peran utama, tetapi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga melihat...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Anggota Parlemen AS Dorong FBI Selidiki Kematian Jurnalis Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 12:13 WIB
Sebanyak 57 anggota DPR mencatat bahwa Abu Akleh memegang kewarganegaraan AS dan menunjuk ada perselisihan tentang cara dia meninggal pada...
AFP/Jalaa Marey.

Rudal Israel Tewaskan Tiga Orang di Dekat Ibu Kota Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 11:45 WIB
Koresponden AFP di ibu kota Suriah mengatakan mereka mendengar suara yang sangat keras di malam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya