Kamis 25 Maret 2021, 06:31 WIB

Jaksa AS Minta Facebook dan Twitter Tindak Unggahan Antivaksin

Basuki Eka Purnama | Internasional
Jaksa AS Minta Facebook dan Twitter Tindak Unggahan Antivaksin

AFP/Denis Charlet
Logo Facebook dan Twitter terlihat di sebuah layar komputer.

 

SEBANYAK 12 jaksa Amerika Serikat (AS), Rabu (24/3), meminta Facebook dan Twitter mengambil langkah yang lebih tegas untuk menghentikan penyebaran informasi yang tidak benar mengenai vaksin covid-19 di media sosial.

Dalam surat yang dikirimkan kepada bos Facebook Mark Zuckerberg dan pemimpin Twitter Jack Dorsey, jaksa-jaksa negara bagian AS itu menuntut agar kedua jejaring sosial itu menghapus akun-akun dari kelompok anti-vaxxers.

"Orang dan kelompok yang menyebarkan informasi yang tidak benar dan menyesatkan warga AS mengenai keamanan vaksin covid-19 mengancam kesehatan komunitas kita, memperlambat perlindungan diri warga AS, dan mengancam pemulihan ekonomi negara kita," tulis para jaksa itu.

Baca juga: Wina akan Berlakukan Lockdown Selama Paskah

Surat, yang ditandangi oleh Jaksa Agung New York Letitia James itu, mengutip data dari Pusat Antikebencian Digital yang memperkirakan ada 59 juta pelanggan di akun antivaksin di Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.

Surat itu menambahkan data tersebut juga memperkirakan sebanyak 12 akun bertanggung jawab pada 65% konten antivaksinasi di Facebook, Instagram, dan Twitter.

Kelompok Anti-vaxxers menggunakan media sosial untuk menargetkan komunitas kulit hitam, yang sejak awal lebih skeptis terhadap vaksin karena alasan sejarah.

Para jaksa mengkritik Facebook karena dianggap gagal menempelkan label misinformasi pada laman dan kelompok yang dibuat oleh aktivis antivaksin. (AFP/OL-1)

Baca Juga

ca.sports.yahoo.com

Kereta di AS Tergelincir, Tiga Orang Tewas dan Puluhan Terluka

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 19:15 WIB
Sekitar 141 penumpang dan 16 anggota kru sedang melakukan perjalanan dari Chicago menuju Pantai Pasifik ketika delapan dari 10 gerbong...
AFP/Ahmed Mustafa

Militer Sudah Mengusir Pasukan Ethiopia di Perbatasan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 18:52 WIB
Militer Sudan pada Minggu (26/9) menyatakan telah mengusir pasukan Ethiopia yang mencoba merangsek ke kawasan perbatasan kedua...
news.un.org

Mali Minta Bantuan Rusia untuk Memerangi Gerilyawan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 16:28 WIB
Mali meminta sebuah perusahaan militer milik swasta di Rusia untuk membantunya memerangi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya