Jumat 05 Maret 2021, 08:02 WIB

AS Harap Iran Terlibat dalam Diplomasi Terkait Nuklir

Nur Aivanni | Internasional
AS Harap Iran Terlibat dalam Diplomasi Terkait Nuklir

AFP/HENGHAMEH FAHIMI
Pusat penelitian nuklir di Iran

 

AMERIKA Serikat berharap Iran akan terlibat dalam diplomasi setelah sekutu Eropa membatalkan rencana mengecam Teheran terkait inspeksi nuklir.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan Amerika Serikat senang Eropa menarik tindakan itu pada pertemuan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina.

"Kami akan menantikan kesediaan Iran untuk terlibat dalam cara yang mengarah pada kemajuan yang kredibel dan konkret," kata Price kepada wartawan.

Eropa telah merencanakan untuk mengajukan resolusi yang akan mengkritik tingkat kepatuhan Teheran terkait inspeksi nuklir, tetapi membatalkan langkah tersebut di tengah upaya Kepala IAEA Rafael Grossi untuk mencapai kompromi dengan Iran.

Baca juga: AS Desak Iran untuk Sepenuhnya Patuhi Verifikasi Nuklir

Langkah itu diambil setelah Iran mengatakan waktunya tidak tepat untuk pertemuan yang ditawarkan dengan Amerika Serikat di bawah naungan UE untuk menyelamatkan kesepakatan denuklirisasi 2015.

"Kami telah menyatakan dengan sangat jelas bahwa apa yang kami siap lakukan adalah melakukan dialog yang konstruktif. Itu adalah tawaran yang sudah ada di meja," kata Price.

Iran bersikeras tidak akan kembali ke kepatuhan penuh sampai Amerika Serikat mencabut sanksi yang dijatuhkan oleh mantan Presiden AS Donald Trump.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken, pada Rabu, mengatakan bahwa Amerika Serikat akan meringankan sanksi sebagai bagian dari Iran yang kembali ke kesepakatan.

"Kami sudah sangat jelas bahwa Iran harus kembali memenuhi kewajibannya berdasarkan perjanjian nuklir, dan jika ya, kami akan melakukan hal yang sama," kata Blinken kepada PBS Newshour.(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/Miguel SCHINCARIOL

Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Dunia Lampaui 3 Juta

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 18 April 2021, 09:27 WIB
Rata-rata lebih dari 12.000 kematian tercatat secara global setiap hari dalam sepekan terakhir, dengan jumlah keseluruhan melebihi 3 juta...
AFP/Handout / EU DELEGATION IN VIENNA

Perundingan Nuklir Iran Dilaporkan Positif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 09:14 WIB
Perwakilan Uni Eropa Enrique Mora, Sabtu (17/4), mengatakan ada kemajuan dalam perundingan itu namun masih banyak kerja yang harus...
AFP/JIM WATSON

Biden Main Golf untuk Pertama Kali Sejak Jadi Presiden AS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 09:03 WIB
Biden, selama ini, menyembunyikan kegemarannya bermain golf, berbeda dengan pendahulunya Donald Trump yang berusaha bermain sesering...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya