Senin 01 Maret 2021, 14:31 WIB

PM India Dapat Suntikan Vaksin Tahap Pertama

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
PM India Dapat Suntikan Vaksin Tahap Pertama

AFP
Perdana Menteri India Narendra Modi mendapat suntikan vaksin covid-19,

 

PERDANA Menteri (PM) India mengumumkan bahwa dirinya telah menerima dosis pertama vaksin covid-19 buatan dalam negeri. Kabar itu diungkapkan melalui unggahan foto di Twitter. 

Bersama foto itu, Modi mengimbau setiap warga yang memenuhi syarat agar segera divaksin. Sehingga, laju penyebaran covid-19 di India dapat terkendali.

"Menerima dosis pertama vaksin covid-19 saya di AIIMS," bunyi cuitan Modi dalam akun Twitternya, merujuk pada rumah sakit All India Institute of Medical Sciences di New Delhi.

“Saya mengimbau semua orang yang memenuhi syarat untuk menerima vaksin. Bersama-sama, mari kita buat India bebas covid-19,” tambahnya.

Baca juga: Thailand Mulai Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

India mencatatkan jumlah kasus covid-19 tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat (AS). Sejauh ini, India telah memvaksinasi lebih dari 12 juta pekerja medis, serta yang bertugas di garda terdepan.

Negara itu kini memperluas dorongan vaksinasi di luar tenaga kesehatan dan pekerja garis depan. Serta, menawarkan vaksinasi kepada orang tua dan warga dengan penyakit komorbid.

Warga yang memenuhi syarat untuk divaksinasi termasuk berusia di atas 60 tahun. Berikut, mereka yang berusia di atas 45 tahun dengan penyakit komorbid, seperti penyakit jantung dan diabetes, yang mengakibatkan infeksi covid-19 lebih berbahaya.

Baca juga: Puluhan Ribu Warga India Mangkir Vaksinasi Covid-19

Vaksin akan diberikan secara gratis di rumah sakit pemerintah dan juga akan dijual di lebih dari 10.000 rumah sakit swasta. Pemerintah menetapkan harga vaksin covid-19 sebesar US$3,40.

Pekan lalu, pemerintah berencana membiarkan masyarakat memilih pusat vaksinasi. Hal itu secara efektif memberikan pilihan bagi warga terkait vaksin buatan dalam negeri, yakni COVAXIN, atau vaksin buatan luar seperti milik AstraZeneca.

Sejauh ini, India telah melaporkan lebih dari 11 juta kasus infeksi covid-19. Tercatat lebih dari 157.000 kematian akibat covid-19.(Aljazeera/OL-11)

Baca Juga

AFP

AS-Jepang Serukan Perdamaian dan Stabilitas di Selat Taiwan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 16:21 WIB
AMERIKA Serikat dan Jepang menyerukan perdamaian dan stabilitas di seluruh Selat Taiwan dalam pernyataan...
AFP

Rusia Siapkan Stempel Gerakan Navalny sebagai Ekstremis

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 13:38 WIB
KANTOR kejaksaan Moskow mengumumkan bahwa mereka akan berupaya menunjuk Yayasan Anti-Korupsi Alexander Navalny dan markas besar politik...
Steve Parsons / POOL / AFP

Ratu Elizabeth Ucapkan Salam Perpisahan untuk Pangeran Philip

👤¬†Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 17 April 2021, 11:28 WIB
Ratu Elizabeth akan mengucapkan salam perpisahan kepada suaminya, Pangeran Philip, dalam upacara pemakaman yang digelar pada Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya