Selasa 23 Februari 2021, 13:49 WIB

Khamenei : Iran Bisa Memperkaya Uranium Hingga 60%

Nur Aivanni | Internasional
Khamenei : Iran Bisa Memperkaya Uranium Hingga 60%

KHAMENEI.IR / AFP
Pemimpi tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan Iran bisa meningkatkan pengayaan uranium hingga 60% jika diperlukan.

 

PEMIMPIN tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, Senin (22/2), mengatakan bahwa negaranya bisa meningkatkan pengayaan uranium hingga 60% jika diperlukan.

Pernyataan Ayatollah Ali Khamenei datang menjelang tenggat waktu yang ditetapkan oleh parlemen Iran untuk membatasi beberapa inspeksi oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA), kecuali sanksi AS dicabut pada Minggu.

Kemudian, Duta Besar Iran untuk Badan PBB, Kazem Gharibabadi, mengatakan pembatasan baru akan berlaku mulai tengah malam (20.30 GMT). "Instruksi yang diperlukan telah dikeluarkan untuk fasilitas nuklir," katanya.

"Kami akan bertindak ke titik yang dibutuhkan dan negara mengharuskan. Kami bisa meningkatkan pengayaan hingga 60 persen untuk propelan nuklir dan keperluan lainnya," kata Khamenei.

Itu akan jauh melampaui batas 3,67% yang diterima Iran berdasarkan kesepakatan 2015, tetapi masih kurang dari 90% atau lebih yang dibutuhkan untuk sebuah bom atom.

"Republik Islam tidak akan mundur pada masalah nuklir dan akan terus melanjutkan apa yang dibutuhkan negara untuk hari ini dan besok," kata Khamenei.

Dia pun menekankan bahwa Amerika Serikat adalah pihak yang telah meninggalkan kesepakatan tersebut dan menekankan bahwa penangguhan komitmen Iran masih dapat dibatalkan, jika Washington kembali ke komitmennya sendiri. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

theatlantic.com

Kapal Pengangkut 231 Migran Afghanistan Disita Otoritas Turki

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Juli 2021, 16:23 WIB
Para migran diyakini dalam perjalanan menuju...
AFP/Said Khatib.

Israel akan Keluarkan 16.000 Izin Kerja untuk Warga Palestina

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 28 Juli 2021, 16:18 WIB
Seorang pejabat keamanan yang berbicara dengan syarat anonim kepada AFP, izin baru itu akan menambah jumlah warga Palestina yang diizinkan...
AFP

Proyek Kereta Api India Dikhawatirkan Timbulkan Bencana

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 28 Juli 2021, 14:24 WIB
proyek ini disebut-sebut sebagai keajaiban teknik dengan jaringan 14 terowongan dan 17 jembatan dalam satu jalur rel berukuran...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya