Rabu 13 Januari 2021, 14:32 WIB

Setelah Facebook dan Twitter, Giliran Youtube Blokir Donald Trump

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Setelah Facebook dan Twitter, Giliran Youtube Blokir Donald Trump

Lionel BONAVENTURE / AFP
YouTube Alphabet mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan saluran Donald Trump.

 

YouTube Alphabet mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan saluran Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump karena melanggar kebijakan dengan menghasut penyerangan di Capitol AS pekan lalu.

Platform daring dan perusahaan media sosial memutuskan untuk menjauhkan diri dan mengambil tindakan terhadap pihak yang mendorong atau terlibat dalam kekerasan di Washington, DC.

"Mengingat kekhawatiran tentang potensi kekerasan yang sedang berlangsung, kami menghapus konten baru yang diupload ke saluran Donald J. Trump karena melanggar kebijakan kami," kata YouTube dalam sebuah pernyataan.

Youtube menuturkan bahwa saluran tersebut kini dilarang mengupload video baru atau streaming langsung selama minimal tujuh hari, dengan waktu yang dapat diperpanjang.

YouTube menggambarkan tindakannya sebagai teguran pertama. Berdasarkan kebijakannya, saluran akan diblokir secara permanen jika terkena tiga teguran.

Pekan lalu, Facebook menangguhkan akun Facebook dan Instagram Trump setelah insiden yang menewaskan lima orang tersebut. Sementara itu, Twitter melangkah lebih jauh dengan menghapus akun Trump, merampas platform favoritnya.

Trump juga terkena penangguhan oleh layanan seperti Snapchat dan Twitch.

Saluran YouTube Trump pada Selasa (12/1) memposting delapan video baru, termasuk satu di mana Trump mengatakan kepada wartawan, "Saya pikir Big Tech telah membuat kesalahan besar," dengan memblokirnya. (Aiw/CNA/OL-09)

Baca Juga

AFP/Tom Williams

Kandidat Menteri Perdagangan AS Janji Tegas terhadap Tiongkok

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:49 WIB
"Jika saya menjadi menteri, saya berencana bersikap sangat agresif untuk membantu Amerika bersaing dengan praktik-praktik tidak adil...
Stephane De Sakutin /AFP via Getty Images

Antony Blinken Disetujui Ditunjuk Sebagai Menteri Luar Negeri AS

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:39 WIB
Dari total 100 anggota Senat di lembaga yang dikuasai Partai Demokrat itu, sebanyak 78 suara amendukung dan 22 suara menolak pencalonan...
Alexander NEMENOV / AFP

Meksiko Mungkin Setujui Vaksin Covid-19 Rusia dalam Beberapa Hari

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:13 WIB
Wakil Menteri Kesehatan Meksiko Hugo Lopez-Gatell mengatakan pada Selasa (26/1) bahwa penggunaan darurat vaksin Sputnik V Covid-19 Rusia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya