Selasa 08 Desember 2020, 22:05 WIB

Dubes Rusia untuk Israel Sebut Penyebab Timur Tengah tidak Stabil

Mediaindonesia.com | Internasional
Dubes Rusia untuk Israel Sebut Penyebab Timur Tengah tidak Stabil

AFP/Hazem Bader
.

 

ISRAEL dituding sebagai penyebab Timur Tengah tidak stabil, bukan Iran. Republik Islam itu dikatakan tidak mendanai kelompok teroris syiah.

"Masalah di kawasan ini bukanlah akibat aktivitas Iran," kata Duta Besar Rusia untuk Israel, Anatoly Viktorov, Selasa (8/12), di Kedutaan Besar Rusia di Tel Aviv.

"Penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman antarnegara dan ketidakpatuhan terhadap resolusi PBB dalam konflik Israel-Arab dan Israel-Palestina."

Dilansir dari The Jerusalem Post, ia pun ditanya perbandingan antara konflik Israel dengan Palestina yang membuat tidak stabil kawasan itu dengan yang dilakukan Iran melalui proksi di sekitar Timur Tengah, seperti Houthi di Yaman dan Hizbullah di Libanon. Viktorov menolak keras gagasan Iran mendanai kelompok teroris syiah.

"Israel menyerang Hizbullah, tapi Hizbullah tidak menyerang Israel," tambahnya. Ia mengacu pada pemboman Israel terhadap Iran dan Hizbullah serta konvoi senjata di Suriah.

Viktorov mengatakan dia telah melihat terowongan dari Libanon ke Israel yang digunakan oleh Hizbullah untuk mencoba menyerang Israel. Ia berpendapat bahwa tidak ada bukti bahwa Hizbullah menciptakan terowongan itu.

Duta besar tersebut mengatakan Israel tidak boleh menyerang wilayah negara anggota PBB yang berdaulat. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Puluhan Pesawat Militer Tiongkok Masuki Wilayah Udara Taiwan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 18:43 WIB
Serangan itu merupakan yang terbesar dalam setahun terakhir, dan terjadi saat Amerika Serikat memperingatkan Tiongkok karena semakin...
AFP/Jim Watson.

Joe Biden Sampaikan Salam Ramadan untuk Muslim di Seluruh Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:03 WIB
Dia mengatakan bahwa pada bulan Ramadan, di mana para umat Muslim menunaikan ibadah puasa, mereka yang memulai berpuasa di AS diingatkan...
AFP/William West.

Selandia Baru Wajibkan Bank Laporkan Dampak Bisnis terhadap Iklim

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 17:14 WIB
RUU tersebut, yang telah diperkenalkan ke parlemen negara tersebut, mengharuskan perusahaan keuangan untuk menjelaskan cara mereka...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya