Selasa 01 Desember 2020, 13:00 WIB

Kim Jong Un Diisukan Telah Divaksin Covid-19 oleh Tiongkok

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Kim Jong Un Diisukan Telah Divaksin Covid-19 oleh Tiongkok

AFP/STR / KCNA VIA KNS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

 

SEORANG pakar mengungkapkan bahwa Tiongkok telah memberi pimpinan Korea Utara Kim Jong Un dan keluarganya vaksin covid-19 eksperimental.

Pakar Korea Utara di Center for the National Interest di Washington Harry Kazianis mengatakan, Kim dan beberapa pejabat senior Korea Utara telah divaksinasi. Belum jelas apakah kandidat vaksin tersebut terbukti aman dan perusahaan mana yang telah memasoknya kepada Kim dan keluarga.

Baca juga: Penasihat Khusus Donald Trump Mundur

"Kim Jong Un dan beberapa pejabat tinggi lainnya dalam keluarga Kim dan jaringan pimpinan telah divaksinasi untuk virus korona dalam dua hingga tiga minggu terakhir berkat kandidat vaksin yang disediakan oleh pemerintah Tiongkok," tulis Kazianis dalam sebuah artikel.

Ilmuwan medis AS Peter J Hotez mengatakan, setidaknya tiga perusahaan Tiongkok sedang mengembangkan vaksin covid-19, termasuk Sinovac Biotech, CanSinoBio, dan Sinophram Group.

Sinophram mengatakan, kandidat vaksinnya telah digunakan oleh hampir 1 juta orang di Tiongkok, meskipun tidak ada perusahaan yang diketahui secara terbuka meluncurkan uji klinis Fase 3 dari vaksin covid-19 eksperimental mereka.

Korea Utara sendiri belum mengonfirmasi infeksi covid-19, tetapi Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan mengatakan wabah di sana tidak dapat dikesampingkan karena negara itu memiliki perdagangan dan pertukaran antar manusia dengan Tiongkok yang menjadi sumber pandemi sebelum perbatasan ditutup pada akhir Januari. (CNA/OL-6)

Baca Juga

AFP

Trump Tinggalkan 'Wasiat' untuk Biden

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:52 WIB
Trump tidak memasuki Oval Office tetapi meninggalkan pesan pada seorang ajudan sebelum meninggalkan kediaman eksekutif sekitar pukul 8...
AFP/Brendan Smialowski

Jelang Biden Dilantik, Mahmakah Agung AS Diancam Diledakkan

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:32 WIB
Gedung Mahkamah Agung AS dapat ancaman bom....
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pabrik Tempe Pertama RI Resmi Dibangun di Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:01 WIB
Pabrik tempe tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di Tiongkok yang dikatakan cukup besar untuk mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya