Senin 16 November 2020, 10:32 WIB

Vaksin Covid Johnson & Johnson Masuk Uji Klinis Ketiga di Inggris

Insi Nantika Jelita | Internasional
Vaksin Covid Johnson & Johnson Masuk Uji Klinis Ketiga di Inggris

Medcom.id
Ilustrasi

 

VAKSIN virus korona dari Johnson & Johnson mulai masuk ke fase ketiga uji klinis di Inggris pada hari ini, Senin (16/11) yang akan menguji keamanan dan keefektifan suntikan.Pengujian dilakukan oleh perusahaan farmasi Janssen yang bakal mencakup 6.000 sukarelawan dan berlangsung di 17 lokasi.

Vaksin tersebut adalah kandidat ketiga yang akan diuji di Inggris, bersama satu vaksin covid-19 produksi AstraZeneca dalam kemitraan dengan Universitas Oxford, serta satu lagi dari Novavax Inc.

Kemajuan dalam menciptakan vaksin untuk Covid-19 telah dipercepat bulan ini, dengan Pfizer Inc. dan BioNTech SE. Dari hasil uji klinis diklaim bahwa suntikan vaksin mencegah lebih dari 90% infeksi bergejala dalam sebuah percobaan. Namun, dilaporkan masih ada kendala untuk produksi dan pengembangan sebelum vaksin dapat digunakan secara luas.

"Kami bisa berada di puncak terobosan besar pertama sejak pandemi dimulai," kata Sekretaris Bisnis Inggris, Alok Sharma.

Jika vaksin dari Janssen yang berbasis di New Jersey terbukti aman dan efektif, 30 juta dosis dapat tersedia di Inggris pada pertengahan 2021. Pemerintah Inggris juga mengumumkan akan membuka dua megalab baru awal tahun depan, yang bersama-sama akan meningkatkan kapasitas pengujian harian sebesar 600.000.

baca juga: WHO Catat Rekor Jumlah Kasus Harian Covid-19 selama Akhir Pekan

Laboratorium akan digunakan untuk covid-19, serta pengujian untuk penyakit kritis lainnya seperti kanker. Inggris baru-baru ini menjadi negara pertama di Eropa yang mencatat lebih dari 50.000 kematian akibat virus tersebut. (Bloomberg/OL-3)
 

Baca Juga

officesnapshots.com

Roche Kembangkan Alat Tes untuk Deteksi Cacar Monyet

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:05 WIB
Ada lebih dari 200 kasus suspek atau terkonfirmasi cacar monyet di Eropa dan Amerika Utara, demikian menurut Organisasi Kesehatan Dunia...
AFP/Robert CHIARITO

Dua Tahun Tragedi Floyd, Biden Reformasi Kepolisian

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:42 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah eksekutif yang dia janjikan akan mengantarkan reformasi polisi paling...
AFP/Olga Maltseva.

Ukraina Berikan Pesan Mundur dari Mauripol untuk Menang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:16 WIB
Pesan simbolik yang muncul dari kekalahan Ukraina di Mauripol bukan wajah para pejuang garnisun Mariupol yang putus asa dan lelah karena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya