Senin 17 Agustus 2020, 17:00 WIB

KBRI Oslo Fasilitasi Upacara Secara Online bagi WNI di Norwegia

Raja Suhud | Internasional
KBRI Oslo Fasilitasi Upacara Secara Online bagi WNI di Norwegia

Dok.KBRI Oslo
Duta Besar RI untuk Norwegia dan Islandia, Todung Mulya Lubis

 

UPACARA peringatan HUT ke-75 Indonesia di KBRI Oslo, Norwegia, tahun ini hanya dihadiri oleh jajaran staf dan keluarga serta anggota Paskibra, sesuai dengan protokol kesehatan pemerintah setempat.

Ketua Panitia HUT RI ke-75 KBRI Oslo Gitasari Retno Widowati mengungkapkan, KBRI Oslo tidak dapat mengundang WNI, diaspora Indonesia serta sahabat Indonesia lainnya di Norwegia dan Islandia untuk mengikuti upacara bendera di Wisma Indonesia karena  meningkatnya kembali angka positif covid-19 di Norwegia.

Sebagai gantinya, KBRI Oslo memfasilitasi masyarakat untuk mengikuti upacara bendera secara online melalui platform Zoom Conference, yang dimulai pada pukul 10.00 CET (waktu setempat).

“Sesuai dengan protokol kesehatan setempat, seluruh kedutaan besar di Norwegia diimbau untuk tidak menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan partisipasi lebih dari 20 orang,” jelasnya.

Tahun sebelumnya, Gitasari mengatakan, upacara bendera dihadiri sekitar 60 peserta yang terdiri staf KBRI Oslo dan keluarga, WNI serta diaspora Indonesia. Tahun-tahun sebelumnya, diadakan pula prosesi pemotongan tumpeng dan ramah tamah, yang dilanjutkan dengan pertandingan olahraga dan Pesta Rakyat.

“Awalnya kami optimistis bisa menyelenggarakan upacara bendera. Prediksi cuaca juga bagus. Namun beberapa hari menjelang hari-H, dengan berat hati kami umumkan pembatalan untuk menghormati imbauan pemerintah Norwegia,” terang dia.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Norwegia dan Islandia, Todung Mulya Lubis, mengatakan 75 tahun kemerdekaan Indonesia merupakan buah perjuangan dan pengorbanan seluruh tumpah darah Indonesia, pemimpin maupun rakyat.

Adalah tugas seluruh tumpah darah Indonesia untuk menjaga dan merawat Indonesia agar senatiasa menjadi Indonesia yang dicita-citakan sejak dulu: Menjadi tempat buat seluruh rakyat Indonesia tanpa ada yang tersisihkan, tanpa ada yang tertinggal di belakang.

“Kita masih punya banyak persoalan yang musti diselesaikan seperti pemberantasan korupsi yang sudah sistemik dan endemik, kesenjangan sosial dan regional, jeleknya Indeks Pembangunan Manusia, dan resesi ekonomi global. Semua ini adalah pekerjaan rumah kita semua,” tuturnya.

Ia meminta kepada segenap WNI khususnya Norwegia dan Islandia untuk tidak melupakan tanggung jawab dalam menjaga keutuhan dan kebesaran Indonesia. Terlebih di era digital. Cinta kepada Tanah Air tak lagi berbatas. 

“Mengabdi buat bangsa dan negara tak mengenal batas negara dan waktu. Dari sini kita bisa mengabdi dan banyak yang bisa kita buat. Asal kita tahu artinya Indonesia buat kita,” tandasnya. (RO/E-1)

Baca Juga

Johan ORDONEZ / AFP

Guatemala Tahan Ratusan Migran Honduras yang Ingin Masuk ke AS

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 13:52 WIB
Palang Merah memperkirakan bahwa hingga 4.000 orang kemungkinan ikut dengan karavan, karena Honduras dilanda kekerasan dan kehancuran...
AFP/MANDEL NGAN

Trump Pilih ke Luar Kota Saat Pelantikan Biden

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 12:57 WIB
Trump akan menjadi presiden AS pertama dalam tempo 1,5 abad yang tidak hadir di pelatikan...
Michael DANTAS / AFP

Brasil Catat Penambahan 69.198 Kasus dan 1.151 Kematian Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 12:23 WIB
Brasil mengonfimasi total 8.390.341 kasus Covid-19 sejak pandemi mewabah, dengan total kematian mencapai 208.133, berdasarkan data...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya