Rabu 27 Mei 2020, 09:09 WIB

WHO: Peninjauan Hidroksiklorokuin Rampung Pertengahan Juni

Nur Aivanni | Internasional
WHO: Peninjauan Hidroksiklorokuin Rampung Pertengahan Juni

AFP
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Selasa (26/5), menjanjikan peninjauan cepat terkait data tentang hidroksiklorokuin.

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO), pada Selasa (26/5), menjanjikan peninjauan cepat terkait data tentang hidroksiklorokuin yang kemungkinan rampung pada pertengahan Juni.

Presiden AS Donald Trump dan yang lainnya telah mendorong penggunaan hidroksiklorokuin sebagai pengobatan yang mungkin untuk virus korona. Namun, pada Senin (25/5), WHO mengatakan bahwa uji coba obat malaria hidroksiklorokuin pada pasien covid-19 telah dihentikan karena masalah keamanan.

Sebuah studi dalam jurnal medis The Lancet menemukan pasien yang memperoleh hidroksiklorokuin mengalami peningkatan angka kematian dan detak jantung yang tidak teratur, yang kemudian mendorong intervensi WHO.

"Keputusan akhir tentang bahaya, manfaat atau kurangnya manfaat hidroksiklorokuin akan dibuat setelah bukti itu ditinjau oleh Dewan Pemantau Keamanan Data," kata WHO dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (27/5). Dan diharapkan keputusan tersebut keluar pada pertengahan Juni.

Baca juga: Jerman Perpanjang Jaga Jarak Sosial Hingga Akhir Juni

Produsen obat yang berbasis di Swiss, Novartis, mengatakan bahwa studi The Lancet tersebut hanya 'pengamatan' dan tidak mampu menunjukkan hubungan sebab akibat antara hidroksiklorokuin dan efek sampingnya.

"Kami membutuhkan uji klinis acak dan terkontrol untuk memahami dengan jelas kemanjuran dan keamanan obat itu," kata juru bicara Novartis. (CNA/A-2)

Baca Juga

AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Kondisi Rushdie Membaik Pascapenusukan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 11:00 WIB
"Dia telah dilepaskan dari ventilator yang berarti perjalanan menuju sembuh telah dimulai. Perjalanan itu akan panjang karena luka...
AFP/Jalaa Marey.

Serangan Israel di Suriah Tewaskan Tiga Tentara

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 10:22 WIB
Serangan udara Israel di Suriah menewaskan tiga tentara dan melukai tiga lainnya pada Jumat (12/8). Ini merupakan insiden terbaru di...
AFP/Khaled DESOUKI

Kebakaran Gereja di Mesir Tewaskan 41 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 15 Agustus 2022, 05:45 WIB
Kebakaran, yang disebut terjadi karena korsleting listrik, terjadi di gereja Abu Sifin di Imbasa, distik Giza di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya