Jumat 15 Mei 2020, 08:08 WIB

AS Tuding Beijing Mencoba Curi Vaksin Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
AS Tuding Beijing Mencoba Curi Vaksin Covid-19

Stephanie Keith/Getty Images/AFP
Warga muslim di Brooklyn, New York, AS memberikan makanan gratis untuk berbuka puasa kepada masyarakat terdampak covid-19.

 

OTORITAS  Amerika Serikat mengungkapkan peretas Tiongkok berusaha mencuri penelitian vaksin virus korona baru (covid-19). Hal itu meningkatkan ketegangan di antara negara-negara adidaya ketika pasar dunia merosot. Peringatan tersebut datang saat The Fed memperingatkan penutupan kegiatan ekonomi yang berkepanjangan dapat menyebabkan dampak kerusakan yang berlangsung lama.

Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan virus korona baru mungkin tidak akan pernah hilang. Tidak ada terapi yang terbukti sejauh ini bisa menyembuhkan covid-19. Pemakaian vaksin dapat memungkinkan negara bisa memulihkan perekonomian. Dan penemu vaksin berpotensi menghasilkan jutaan dolar.

Di tengah-tengah pertaruhan besar seperti itu, peretas yang terkait dengan Beijing berusaha mencuri penelitian dan kekayaan intelektual. Terkait dengan perawatan dan vaksin.  

"Upaya Tiongkok untuk menargetkan sektor-sektor tersebut menimbulkan ancaman signifikan terhadap respons negara kita pada covid-19," ujar FBI dan Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur Keaman (CISA), Rabu (13/5). 

baca juga: Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Prancis Lampaui Spanyol

Namun kedua lembaga tidak memberikan bukti atau contoh untuk mendukung tuduhan mereka. Washington telah mengonfirmasi hampir 1,4 juta kasus virus AS dan lebih dari 84.000 kematian. AS semakin menyalahkan Beijing atas wabah yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, akhir tahun lalu. Beijing telah berulang kali membantah tuduhan Amerika Serikat. (France 24/OL-3)
 

Baca Juga

AFP

Sejumlah Negara Perketat Pembatasan Masuk dari Luar Negeri

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:50 WIB
Amerika Serikat akan bergabung dengan Prancis, Israel, dan Swedia dalam membatasi kedatangan...
Alexei Druzhinin / Sputnik / AFP

Vladimir Putin Terancam Dikiritik saat di Forum Ekonomi Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:13 WIB
Negara-negara Barat sedang mempertimbangkan kemungkinan penerapan sanksi baru terhadap Rusia atas perlakuan pemerintah Rusia terhadap...
AFP/Mladen Antonov

Soal Vaksin Tiongkok tidak Ingin Bersaing dengan India

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 22:56 WIB
Pemerintah Tiongkok tidak ingin terlibat persaingan atau berkonfrontasi soal vaksin Covid-19 dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya