Kamis 09 Januari 2020, 15:52 WIB

Garuda Pastikan Penerbangan Rute Eropa Tak Lewati Wilayah Iran

Hilda Julaika | Internasional
Garuda Pastikan Penerbangan Rute Eropa Tak Lewati Wilayah Iran

AFP/Ihwam Idamin Harahap
Maskapai nasional Garuda Indonesia sudah memastikan penerbangan rute udara dari dan menuju Eropa tak melewati wilayah konflik Iran.

 

MASKAPAI nasional Garuda Indonesia sudah memastikan penerbangan rute udara dari dan menuju Eropa tak melewati wilayah konflik Iran. Pejabat Direktur Operasi Garuda Indonesia, Tumpal M. Hutapea, mengatakan layanan Garuda Indonesia pada rute tersebut dialihkan ke wilayah udara Mesir dan Yunani.

“Garuda Indonesia menyesuaikan jalur penerbangan dari dan menuju Eropa dari yang sebelumnya melewati wilayah udara Bucharest dialihkan ke wilayah udara Mesir dan Yunani. Dengan demikian seluruh layanan operasional Garuda Indonesia pada rute tersebut tetap berlangsung normal seperti biasa," ujarnya melalui rilis yang Media Indonesia terima, Kamis (9/1).

Adapun penyesuaian ini dilakukan untuk merespons atas larangan penerbangan dari Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) pasca ketegangan yang tengah terjadi di kawasan tersebut.

Baca juga : Trump Kendurkan Ancaman Perang Melawan Iran

Pihaknya akan terus melakukan pemantauan secara intensif mengenai perkembangan terbaru atas ketegangan yang tengah terjadi. Hal ini dilakukan untuk memastikan penerbangan maskapai Indonesia memenuhi aspek keamanan dan keselamatan.

“Kami akan terus memantau secara intensif perkembangan lebih lanjut kondisi tersebut serta berkoordinasi bersama seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan aspek safety & security layanan operasional Garuda Indonesia tetap terjaga," jelas Tumpal.

Adapun Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah mengeluarkan instruksi untuk maskapai Indonesia untuk tidak melewati wilayah udara dari kawasan yang tengah mengalami ketegangan. Seperti negara Irak, Iran, Teluk Persia, dan Teluk Oman, untuk mengantisipasi keselamatan dan keamanan penerbangan.

Instruksi tersebut tertuang melalui surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor AU.008/1/2/DRJU.DAU/2020 tanggal 8 Januari 2020 perihal Peringatan Overflying Kawasan Konflik. (Hld/OL-09)

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh

Ditembak Mati, Warga Palestina yang Ingin Tikam Tentara Israel

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 26 Januari 2021, 19:26 WIB
Kementerian Kesehatan Palestina mengonfirmasi bahwa seorang warga negaranya telah ditembak mati oleh pasukan...
AFP/MANDEL NGAN

Lanjutkan Agenda, Donald Trump Buka Kantor di Florida

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 19:00 WIB
Pengumuman tentang pembukaan kantor Trump di Florida itu muncul pada hari yang sama ketika Dewan Perwakilan Rakyat AS mengirimkan kepada...
AFP/JOHN MACDOUGALL

Saham Jerman Dibuka Menguat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 18:26 WIB
Saham Jerman menguat pada awal perdagangan Selasa (26/1), dengan indeks acuan DAX naik 43,44 poin, atau 0,32 persen menjadi 13.687,39...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya