Selasa 14 Februari 2023, 11:30 WIB

Warga Dewasa Dianjutkan Vaksinasi Demam Berdarah

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Warga Dewasa Dianjutkan Vaksinasi Demam Berdarah

alodokter.com
Vaksin demam berdarah

 

DOKTER spesialis penyakit dalam Sukamto Koesnoe menganjurkan pencegahan inovatif melalui vaksinasi untuk dapat menurunkan risiko dan kasus demam berdarah pada orang dewasa yang berusia 19-45 tahun.

"Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga perlu mendapatkan vaksinasi demam berdarah. Berbagai faktor seperti kondisi tubuh yang buruk bisa membuat sistem antibodi pada orang dewasa seseorang menurun," kata Sukamto, dikutip Selasa (14/2).

Menurut Sukamto, jika gejala demam berdarah tidak segera ditangani akan mengakibatkan kondisi penyakit yang memburuk sehingga sama sekali tidak bisa disepelekan.

Baca juga: Dokter Sarankan Anak-Anak Dapatkan Vaksin Demam Berdarah

Data dari Kementerian Kesehatan RI, lanjutnya, menyebutkan proporsi penderita demam berdarah pada tiga tahun terakhir paling tinggi berada pada golongan umur 15-44 tahun.

"Kasus demam berdarah yang berat dapat mengakibatkan komplikasi dan kematian. Hal ini tentunya memperpanjang masa rawat inap dan biaya bagi para pasien," jelasnya.

Meski demikian, lanjut Sukamto, semua rentang umur tetap memiliki risiko terkena demam berdarah. Karenanya, pencegahan yang komprehensif dibutuhkan untuk dapat menurunkan risiko infeksi demam berdarah pada semua kelompok umur, salah satunya melalui vaksinasi.

Vaksinasi akan membantu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi yang berfungsi mengenali kuman dan melawan kuman penyebab penyakit.

Vaksinasi juga direkomendasikan oleh PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia). (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

Peluncuran Buku dan Pameran Seni Rupa Trilogi Puspa Hati

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 22 September 2023, 22:08 WIB
Melalui karya buku trilogi Puspa Hati yang mengandung pesan cinta, alumnus FISIP UI ini sejatinya ingin menyampaikan bahwa di tengah...
Ist

Indonesia Raih Penghargaan WLA 2023 dari Tiongkok

👤Media Indonesia 🕔Jumat 22 September 2023, 20:53 WIB
Diharapkan pada masa liburan tersebut semakin banyak turis Tiongkok yang akan memilih Indonesia sebagai top of mind destinasi...
Ist

Universitas Budi Luhur Berangkatkan Tiga Mahasiswa ke Turki

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 22 September 2023, 20:45 WIB
Terpilihnya para mahasiswa ini setelah dilakukan proses seleksi yang mendaftar dengan sejumlah persyaratan, salah satunya berbahasa Inggris...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya