Minggu 15 Januari 2023, 14:06 WIB

Manfaatkan Lansia Mengemis di Medsos, Pengamat: Sudah Kelewat Batas

Dinda Shabrina | Humaniora
Manfaatkan Lansia Mengemis di Medsos, Pengamat: Sudah Kelewat Batas

MI/Usman Iskandar
Pengemis

 

PENGAMAT sosial Rissalwan Habdy Lubis menyayangkan adanya tren mengemis di media sosial Tiktok yang memanfaatkan lansia. Menurut Rissal, tren yang dibuat para kreator konten sama saja seperti mempermainkan dan menghina kaum lansia.

“Saya kira itu perilaku yang mempermainkan dan menghina lansia. Ini sudah kelewat batas norma kesopanan dan kesantunan ya,” ujar Rissal kepada Media Indonesia, Minggu (15/1).

Rissal menyampaikan, setidaknya Indonesia mempunyai regulasi khusus yang melarang siapapun untuk memanfaatkan lansia untuk objek meraup keuntungan.

Baca juga: Mengemis juga Beralih ke Medsos, Pemerintah Bakal Lakukan Penertiban

Praktik mengemis di media sosial pada prinsipnya sama dengan memanfaatkan lansia untuk mengemis di jalan. Hanya saja, ucap Rissal, ini model baru dari bisnis jahat yang mengeksploitasi lansia.

“Perlu ada peraturan formal yang menyamakan perbedaan norma sosial tersebut. Saat ini, UU ITE maupun KUHP belum secara eksplisit mengatur tentang penghinaan kepada lansia. Belum ada juga pasal tentang modus monetisasi perilaku mengemis,” tuturnya.

“Jadi memang perlu ada peraturan administratif yang tegas kepada provider medsos yang menampilkan perilaku negatif ini. Sambil di saat yang bersamaan disiapkan regulasi yang lebih tegas untuk mengatur hal tersebut,” imbuhnya.

Rissal juga menuturkan, karena belum ada regulasi khusus yang mengatur, membuat kepolisian sulit untuk mencarikan pasal yang sesuai untuk menindak pelaku bisnis jahat itu.

“Kita belum ada pasal pidananya yang mengatur itu. Ketika ada yang mengadukan, polisi harus cari pasal yang sesuai. Misalnya sebagai tindakan yang tidak menyenangkan atau yang lainnya,” tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...
Antara

Pemerintah Siapkan Program Haji Ramah Lansia dan Berkebutuhan Khusus

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:25 WIB
KEMENTERIAN Agama menyiapkan program Haji Ramah Lansia dan Haji Berkebutuhan Khusus untuk pelaksanaan musim haji tahun ini karena banyaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya