Jumat 13 Januari 2023, 13:41 WIB

Dinkes Akan Pastikan Makanan Ringan di Lingkungan Sekolah Sehat

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Dinkes Akan Pastikan Makanan Ringan di Lingkungan Sekolah Sehat

MI/Depi Gunawan
Ilustrasi: jajanan anak.

 

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengimbau perlu adanya penguatan dan membentuk duta pengamanan makanan di lingkungan sekolah.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut maraknya nitrogen cair pada jajanan ‘Ciki Ngebul’ yang kerap dikonsumsi anak-anak.

"Jadi salah satu yang sudah dilaunching kemarin bersama Pak Gubernur bahwa diharapkan semua siswa, kerja sama dengan puskesmas kemudian komite sekolah, dan pengelola kantin memastikan bahwa makanan yang beredar di sekolah itu sudah terjaga," ujarnya kepada awak media, di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (13/1).

Ia mengatakan, edukasi terus menerus dilakukan dari semua pihak, bukan hanya dari segi kesehatan namun dari pihak lain. "Makanan siap saji itu, kemasan itu kan juga terkait juga dengan OPD lain, maupun BPOM bersama-sama untuk memberikan pengamanan," ujarnya.

Ia menegaskan makanan tersbeut masih belum dilarang peredarannya. Kendati demikian, pihaknya akan memastikan bahwa yang di konsumsi oleh siswa menjadi pengawasan bersama. "Tentu kita berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah, dari pihak sekolah, orang tua murid, dan juga tentu lingkungan sekitar di mana sekolah itu berada," pungkasnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia memperingatkan cairan nitrogen yang masih terdapat atau tersisa dalam jajanan ciki ngebul bahaya dikonsumsi. Jika tertelan, maka dapat menyebabkan  luka pada lambung.

Peringatan kewaspadaan di atas disampaikan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan (BPOM) RI Rita Endang pada Kamis (12/1/2023). Cairan nitrogen yang ada mengandung tekanan gas sangat tinggi. (OL-12)

 

Baca Juga

DOK BRI

BRI Kembali Buka Fellowship Journalism 2023, Apa Saja Syaratnya?

👤Dwi Tupani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:25 WIB
BRI Fellowship Journalism 2023 terbuka bagi reporter, fotografer, dan editor se-Indonesia yang ingin berkontribusi menyokong kebangkitan...
Ist

Di New York Fashion Week, Hengki Kawilarang Hadirkan Kain Warisan Sriwijaya

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:18 WIB
Desainer Hengki Kawilarang berusaha menampilkan koleksi busana dengan detail khas seperti bulu, ronce payet dan detail payet, bordir dan...
Pexels

Sedang Diet? Anda Tetap Butuh Lemak Lho

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:00 WIB
Lemak merupakan salah satu komponen dalam pemenuhan gizi seimbang dan ini perlu dicukupkan jumlah dalam setiap menu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya