Sabtu 07 Januari 2023, 08:00 WIB

Dua Mahasiswa FH UPS Lolos Program Bantuan Penulisan Karya Ilmiah Kemenpora

Budi Ernanto | Humaniora
Dua Mahasiswa FH UPS Lolos Program Bantuan Penulisan Karya Ilmiah Kemenpora

DOK IST
Dua Mahasiswa UPS Lolos Program Bantuan Penulisan Karya Ilmiah Kemenpora

 

FAKULTAS Hukum Universitas Pancasakti Tegal (FH UPS) mengukir prestasi di level nasional.

Dua mahasiswa FH UPS, yaitu Dini Lutfiyani dan Duwi Pratiwi, yang ikut seleksi pembiayaan karya ilmiah untuk tugas akhir Skripsi, Tesis dan Disertasi yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) lolos hingga tahap akhir.

Keduanya di awal bersaing dengan 1200 peserta. Pada tahap akhir, hanya diambil 35 peserta yang terdiri atas 15 proposal skripsi, 15 proposal tesis, dan 5 proposal disertasi. 

Dini meneliti tentang polemik ganja untuk medisi dengan membandingkan regulasi di Indonesia dan Thailand. Sementara Duwi meneliti tentang Victim Precipitation dalam Penjatuhan Putusan Pidana. Mereka mendapatkan bimbingan dari Dr Achmad Irwan Hamzani yang merupakan Dekan FH UPS dan Kus Rizkianto SH MH, dosen FH UPS.

Saat mengetahui kabar tersebut, Irwan sangat mengapresiasi hasil dari upaya yang dilakukan anak didiknya. "Ini tentu sesuatu banget, bukti bahwa mahasiswa FH UPS mampu berkompetisi di tingkat nasional, mampu bersaing dengan mahasiwa-mahasiswa dari kampus top di Indonesia," kata Irwan dalam keterangannya, Sabtu (7/1).

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

Irwan menambahkan, keberhasilan Dini dan Duwi paralel dengan status peringkat akreditasi unggul yang disandang oleh FH UPS untuk Program Studi S1 Ilmu Hukum.

Senada, Rektor UPS Dr Taufiqulloh juga sangat mengapresiasi prestasi Dini dan Duwi. Apalagi kalau dilihat pesertanya, termasuk yang lolos, kebanyakan dari kampus ternama seperti UI, UGM, UPI, dan IPB.

Adapun program bantuan penulisan karya ilmiah Kemenpora disalurkan melalui Asisten Deputi Tenaga dan Peningkatan Sumber Daya Pemuda pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI.

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk uang untuk biaya penyelesaian karya ilmiah tingkat akhir bagi pemuda. Sasaran dari bantuan dana tersebut adalah aktivis organisasi kepemudaan, komunitas kepemudaan, pemuda berprestasi di lingkungan masyarakat, tokoh pemuda di lingkungan tertentu, serta tokoh inspirasi pemuda.

Baca Juga

Ist

Jadikan Imlek Momentum Perayaan dan Suka Cita Kebangsaan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:42 WIB
Perhelatan yang biasa dilakukan oleh etnis Tionghoa ini merupakan suatu kegiatan atau budaya rutin yang biasa dilakukan untuk menyambut...
Ist

IBI Siap Menjadi Wadah Entrepreneur Bagi Generasi Masa Depan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:09 WIB
Dalam membantu memberikan pengarahan prospek karier bagi para mahasiswanya, IBI Kwik Kian Gie juga menyediakan berbagai program seperti...
Dok MI

KemenPPPA Sebut Perkawinan Anak di Indonesia Sudah Mengkhawatirkan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:41 WIB
Lebih banyak disebabkan oleh faktor pemohon perempuan sudah hamil terlebih dahulu dan faktor dorongan dari orangtua yang menginginkan anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya