Sabtu 03 Desember 2022, 16:02 WIB

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Disabilitas Internasional

Indriyani Astuti | Humaniora
Jokowi Ucapkan Selamat Hari Disabilitas Internasional

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Disabilitas Internasional yang diperingtati setiap 3 Desember. Presiden mengajak seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah baik di tingkat pusat sampai ke daerah untuk memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas.

"Melalui regulasi dan kebijakan serta melalui budaya masyarakat yang inklusif, melalui kerja sama antarkomisi nasional disabilitas dan seluruh komponen bangsa kita bisa meningkatkan partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam pembangunan dan mendorong terbukanya akses layanan publik yang ramah disabilitas," ujar Jokowi seperti dikutip dari laman YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/12).

Penyandang disabilitas, ujar presiden, harus memperoleh kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak, bekerja dan berkarier, serta berprestasi. Presiden secara khusus meminta agar lembaga pemerintahan, perusahaan milik negara serta sektor swasta meningkatkan serapan tenaga kerja bagi penyandang disabilitas.

Baca juga: Hukum Mengucapkan Selamat Natal Menurut Pandangan Ulama

"Saya minta serapan tenaga kerja disabilitas di lembaga-lembaga pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan swasta agar terus ditingkatkan. Oleh karena itu peningkatan keterlampilan bagi kalangan disabilitas harus diberikan prioritas," ucapnya.

Prestasi penyandang disabilitas di bidang olahraga, terang presiden, sangat membanggakan. Salah satunya, presiden menyebut raihan mendali dari penyelenggaraan ASEAN Paragames yang mana Indonesia menjadi tuan rumah tahun ini.

"Agustus 2022 kita menjadi tuan rumah ASEAN Paragames ke-11, menjadi juara umum dengan raihan 425 mendali," papar Jokowi.

Ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan Indonesia rumah yang nyaman dan ramah bagi penyandang disabilitas untuk berkarya dan meraih prestasi. (OL-4)

Baca Juga

ITB

Belajar Air Hingga ke Negeri Sakura, Ini Cerita Mahasiswa ITB

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 06 Februari 2023, 06:00 WIB
SEPULUH mahasiswa Teknik Lingkungan ITB berkesempatan terbang ke Jepang untuk mempelajari pengelolaan sumber daya...
Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya