Selasa 22 November 2022, 08:43 WIB

Mentan SYL Sampaikan Duka Mendalam pada Korban Gempa Cianjur, Alfatihah

mediaindonesia.com | Humaniora
Mentan SYL Sampaikan Duka Mendalam pada Korban Gempa Cianjur, Alfatihah

Ist/Kementan
Mentan SYL menyampaikan duka yang mendalam atas bencana gempa yang melanda Kabupaten Cianjur dan sebagian wilayah lainya.

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan duka yang mendalam atas bencana gempa yang melanda Kabupaten Cianjur dan sebagian wilayah lainya. Dalam kejadian ini, sedikitanya BNPB menyebut 162 orang tewas dan ratusan lebih mengalami luka.

"Saya Menteri Pertanian menyampaikan duka yang mendalam atas bencana ini. Semoga almarhum berada disisi Allah (Tuhan) yang maha Esa. Alfatihah," ujwr SYL, Senin (21/11).

Bagi SYL, duka Cianjur adalah duka bagi semua orang Indonesia. Termasuk para petani di sana yang mungkin mengalami kejadian tersebut. Dia berharap ada lebih banyak doa dari seluruh masyarakat Indonesia untuk menguatkan dan menegarkan kondisi mereka.

"Doa masyarakat Indonesia sangat penting. Jadikan ini sebagai momentum solidaritas kita kepada sesama. Saya yakin Gusti Allah akan mencatat kebaikan doa semuanya. Sekali saya menyampaikan duka yang sangat dalam," katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan data terkini korban meninggal imbas gempa bumi magnitudo (M) 5,6 di Cianjur mengakibatkan 46 orang meninggal dunia dan 700-an orang terluka.

Baca juga: BAZNAS Kerahkan Tim Bantu Evakuasi Korban Gempa di Cianjur

"Sekarang sudah ada 46 orang yang meninggal dunia dan sudah ada di RSUD Kabupaten Cianjur, dan kurang lebih 700-an orang luka-luka," kata Kepala BNPB Suharyanto saat konferensi pers via Zoom bersama BMKG, Senin (21/11) sore.

Suharyanto mengatakan banyaknya korban meninggal dunia lantaran kondisi rumah-rumah di Cianjur yang tidak tahan gempa. Selain itu, gempa terjadi di siang hari.

"Kita bayangkan saja ini siang hari kejadian, dan warga tinggal di rumah-rumah tidak tahan gempa, begitu ada gempa ya langsung ambruk," ucapnya.

Dia berharap ini menjadi pelajaran untuk ke depannya. Dia meminta agar ke depannya rumah-rumah di wilayah rawan gempa disiapkan yang tahan gempa.

"Ini jadi PR kita bersama bagaimana menyiapkan rumah rumah tahan gempa yang sekarang sudah berdiri," jelasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Lulusan Universitas Pasundan Bandung Didorong Mampu Beradaptasi dan Membantu Pemulihan Ekonomi

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:20 WIB
Lulusan pascapandemi memiliki tantangan tersendiri dan menuntut mereka cepat beradaptasi membantu pemulihan...
 ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/

Komisi Penyiaran Menilai Penyandang Disabilitas masih Minim Akses Informasi Publik

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 06 Desember 2022, 22:15 WIB
Sebanyak 59,40% responden penyandang disabilitas sensorik, yaitu tuna rungu dan tuna netra, menyatakan bahwa mereka belum mendapat akses...
MI/Syarief Oebaidillah

UT dan Pemprov Kaltara Kolaborasi Hasilkan SDM Berkualitas

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 06 Desember 2022, 21:50 WIB
Sebagai perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ), UT memiliki kantor wilayah untuk menjangkau pelayanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya