Kamis 10 November 2022, 15:44 WIB

Kobarkan Semangat Hari Pahlawan untuk Menangi setiap Persaingan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Kobarkan Semangat Hari Pahlawan untuk Menangi setiap Persaingan

Antara/Maulana Surya.
Siswa Taman Pendidikan Prasekolah (TPP) Al Firdaus menunjukkan poster bertema Hari Pahlawan saat acara mendongeng perjuangan pahlawan.

 

NILAI perjuangan yang diajarkan oleh para pahlawan kemerdekaan pada peristiwa 10 November 1945 harus terus dikobarkan agar setiap anak bangsa mampu memenangi persaingan di era saat ini dan masa datang. 

"Saat ini kita sedang berjuang untuk memenangi perjuangan melawan berbagai macam krisis yang negeri ini hadapi. Semangat peristiwa 10 November 1945 di Surabaya harus terus dikobarkan untuk mengatasi ancaman dampak krisis global ini," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/11), dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November. 

Menurut Lestari, nilai-nilai kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan kesadaran terhadap kewajiban serta hak sebagai anak bangsa yang diperlihatkan para pejuang saat melawan sekutu untuk mempertahankan kemerdekaan pada 10 November 1945 harus terus hidup dalam setiap sanubari anak bangsa. Semangat pantang menyerah, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, sangat dibutuhkan di masa yang sarat persaingan di berbagai bidang saat ini. 

Menurut Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah, para pemangku kepentingan harus peduli tentang pentingnya upaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini kepada setiap anak bangsa. Sejumlah fakta sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang sarat dengan semangat perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus menjadi bagian dari pemahaman setiap anak bangsa dalam menjalankan perannya sebagai warga negara. 

Hanya anak bangsa berkarakter dan tangguh, ujar Rerie, yang mampu menjawab tantangan global yang diwarnai ketidakpastian ini. Menurut Rerie, semangat pantang menyerah dan nasionalisme yang tinggi dari setiap anak bangsa, akan mendorong bangsa ini mampu mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa menghadirkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (OL-14)

Baca Juga

Dok. BWI

Rakornas BWI Optimalkan Potensi Wakaf Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:34 WIB
Belum lagi tumbuhnya Gerakan berwakaf dari kelompok masyarakat seperti ASN, karyawan swasta, akademisi dan pelajar, intinya literasi wakaf...
Ist

Tren Peminat Program Studi Ilmu Komunikasi Meningkat di Jabodetabek

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:52 WIB
Anggota pengurus yang dilantik sebanyak 120 orang yang merupakan pengelola program studi Ilmu Komunikasi dari berbagai kampus yang berada...
ANTARA/Fikri Yusuf

Waspadai Potensi Kenaikan Kasus Covid-19 Varian Baru Saat Libur Nataru

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 16:39 WIB
Potensi penyebaran itu semakin besar mengingat realisasi vaksin booster yang melambat seiring dengan kejenuhan masyarakat menghadapi wabah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya