Senin 07 November 2022, 07:45 WIB

Mengenal Sterilisasi pada Kucing, Biaya dan Manfaat Kebiri

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Mengenal Sterilisasi pada Kucing, Biaya dan Manfaat Kebiri

ANTARA/Sulthony Hasanuddin
Sejumlah dokter hewan melakukan operasi sterilisasi kucing di Puskeswan Ragunan, Jakarta.

 

KUCING merupakan salah satu hewan yang paling populer untuk dipelihara. Hal ini disebabkan karena kucing memiliki tampilan yang menggemaskan dan juga lucu. 

Namun, memelihara kucing bukanlah hal yang mudah. Untuk membuat kucing yang sehat dan baik, diperlukannya tenaga, waktu, dan sumber daya yang cukup.

Baca juga: Kucing juga Punya Pantangan Makanan Lho

Maka, untuk menghindari proses reproduksi yang acap kali terjadi pada kucing, yang menyebabkan penambahan jumlah kucing, yang berpotensi tidak dirawat dan berakhir pada kematian kucing kucing kecil bisa dilakukan sterilisasi atau kebiri

Sterilisasi pada kucing

Melansir dari laman Halodoc, sterilisasi kucing adalah upaya untuk membatasi kegiatan reproduksi pada kucing dengan pengangkatan testis sebagai sumber utama hormon testosteron pada kucing jantan, dan pengangkatan ovarium serta rahim yang menciptakan kondisi mandul pada kucing betina.

Sterilisasi ini dilakukan dengan metode bedah dan dilakukan oleh veterinarian. Artinya, Anda tidak dapat melakukan prosedur sterilisasi tanpa bantuan dari profesional. Hal ini untuk menghindari infeksi dan paparan virus serta bakteri yang dapat mengancam kehidupan sang kucing.

Manfaat sterilisasi pada kucing

Sterilisasi kucing dilakukan agar kucing tidak dapat lagi melakukan reproduksi dalam menciptakan kucing-kucing baru. 

Berbeda dengan manusia, hewan tidak dapat memikirkan kebutuhan jangka panjang pascakelahiran. Oleh karena itu, pembatasan reproduksi atau sterilisasi bermanfaat untuk menghindari populasi berlebihan pada kucing. Populasi yang berlebihan ini dapat beresiko pada penelantaran anak-anak kucing yang bisa berakhir pada kematian.

Selain itu, sterilisasi juga dipercaya dapat membantu kucing terhindar dari penyakit, termasuk kanker serviks dan ovarium serta infeksi rahim pada kucing betina. 

Dengan sterilisasi, kucing juga mengalami penurunan tingkat libido. Hal ini membatasi kucing untuk beraktivitas secara berlebihan.

Biaya sterilisasi kucing

Biaya sterilisasi kucing dipengaruhi oleh banyak faktor. Artinya, tidak ada harga yang identik untuk prosedur ini. 

Biaya sterilisasi kucing betina, biasanya lebih mahal dibanding kucing jantan. 

Selain itu, biaya juga bergantung pada ras kucing yang dioperasi dan juga tempat operasi yang memiliki tingkat penawaran yang berbeda beda.

Pada umumnya, untuk kucing jantan ras kampung atau kucing domestik yakni berkisar Rp200.000-Rp300.000. Sedangkan kucing jantan ras yakni berkisar Rp300.000-Rp350.000.

Sedangkan biaya steril kucing betina lokal atau domestik pada umumnya berkisar antara Rp300.000 - Rp350.000. Selanjutnya untuk biaya steril kucing betina yakni Rp350.000-Rp1.000.000. (OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Pantangan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Hindari Makanan Ini

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 00:00 WIB
Penderita darah tinggi harus memperhatikan pola makannya seperti dengan menghindari makanan yang dapat memicu tekanan darah...
Ilustrasi

Manfaat Daun Binahong, Ini Cara Mengkonsumsinya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:57 WIB
Daun binahong mengandung nutrisi seperti vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, flavonoid, riboflavin dan beta...
ANTARA

Peraturan Tentang Disabilitas di Indonesia Masih Minim

👤Naufal Zuhdi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND), Deka Kurniawan, mengatakan bahwa baru sekitar 20 persen daerah di Indonesia yang sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya