Rabu 02 November 2022, 20:20 WIB

DKM Ash Shomad Bersihkan 12 Masjid dan 6 Sekolah di Kawasan Serang

Mediaindonesia.com | Humaniora
DKM Ash Shomad Bersihkan 12 Masjid dan 6 Sekolah di Kawasan Serang

Dok. Pribadi
DKM Ash Shomad melakukan program pembersihan masjid

 

DEWAN Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ash Shomad, milik Yayasan Bahtera Maju Indonesia (YBMI), membersihkan 12 unit bangunan masjid dan 6 sekolah di kawasan Pontang- Tirtayasa, Serang, Banten.

"Dalam program ini kami bekerja sama dengan YPP/SCTV/Indosiar," kata Ketua DKM Masjid Ash Shomad, Ustaz Marzuki saat meninjau langsung kegiatan Bersih-Bersih Masjid dan Sekolah di Kawasan Pontang-Tirtayasa, Serang, Banten, Rabu (2/11). 

Marzuki mengatakan, Program Bersih-Bersih Masjid merupakan inisiatif pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina Masjid Ash Shomad Budi Karya Sumadi yang juga Menteri Perhubungan. 

Melalui kegiatan itu, lanjut Marzuki, Budi Karya berharap agar model ini tersiar luas dan menjadi contoh (role model) bagi DKM masjid lain. 

Marzuki menjelaskan,program Bersih-Bersih Masjid bertujuan agar tempat ibadah umat Muslim di Indonesia kondisinya bersih, tidak kumuh, sehingga menjadi nyaman bagi jamaah dan tidak menjadi tempat penularan berbagai penyakit, termasuk Covid-19 yang penularannya bisa lewat cairan (droplet) yang menempel di lantai, karpet, sajadah atau tempat wudhu.

Baca juga : IDAI Sempat Frustasi Cari Penyebab Gangguan Ginjal Akut pada Anak

Pembersihan masjid dilakukan secara menyeluruh, baik di sisi eksterior maupun interior. Baik itu halamannya, terasnya, dinding-dindingnya, lantai, karpet, tempat wudu, sampai toilet dan ruang marbut. Program tersebut melibatkan marbot masjid setempat dan para pemuda sekitar.

Sebelumnya, DKM Masjid Ash Shomad sudah melaksanakan program Bersih-Bersih Masjid di seputar Kecamatan Panongan, Tangerang, Banten. Sebanyak 30 masjid di daerah tersebut dibersihkan selama bulan suci Ramadhan yang lalu.

Masjid Ash Shomad terletak di dalam Kawasan CitralandRaya, Kelurahan Ciakar, Panongan, Tangerang, Banten. Selain program Bersih-Bersih Masjid, selama Ramadhan Ash Shomad juga telah membagikan 2.000 paket bingkisan untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan dan para korban terdampak Covid-19.

Masjid yang baru diresmikan pada 11 Maret 2022 oleh Bupati Tangerang dan Ketua Pembina YBMI itu telah menggelar sholat Jumat, sholat Tarawih, pembagian takjil, vaksinasi, penyediaan air minum gratis, latihan stir mobil gratis, dan peringatan hari-hari besar Islam seperti Isra Miraj dan Nuzulul Quran.

Usai Ramadhan lalu, Ash Shomad juga menjalankan banyak program lain seperti pemberdayaan ekonomi umat, pelatihan digital, dan kursus menyetir mobil dan pelatihan barista. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Antara

Jokowi Genjot Pembangunan Infrastruktur Digital untuk Genjot Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:35 WIB
Menurutnya hal itu sebagai langkah yang tepat di tengah distrupsi digital yang melaju sangat cepat guna melahirkan SDM unggul dan berdaya...
dok.humas kemendes

Di HBT ke-72, Gus Halim : Transmigrasi Tidak Bisa Dilepaskan dari Spiritualitas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:55 WIB
MENDES PDT Abdul Halim Iskandar menyatakan Program Transmigrasi tidak bisa dilepaskan dari...
AFP

14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur akan Direhabilitasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:40 WIB
Sebanyak 14.490 rumah yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi oleh BNPB akan dilakukan rekontruksi pascagempa Cianjur Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya