Kamis 13 Oktober 2022, 22:00 WIB

Dirut BPJS: Digitalisasi Layanan Rumah Sakit Tingkatkan Kepercayaan Publik

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Dirut BPJS: Digitalisasi Layanan Rumah Sakit Tingkatkan Kepercayaan Publik

Antara
Ilustrasi

 

DIGITALISASI dapat meningkatkan pelayanan pasien di rumah sakit menjadi lebih cepat dan lebih baik. Dengan meningkatkan pelayanan publik maka kepercayaan publik terhadap rumah sakit juga akan meningkat.

"Sekarang rata-rata antri 2-3 jam dan di RSUD Bali Mandara 1 jam ini luar biasa dengan digitalisasi. RSUD ini merupakan yang kami inginkan karena sesuai dengan tujuan BPJS Kesehatan untuk tidak membanding-bandingkan pasien," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dalam kunjungan ke RSUD Bali Mandara, Denpasar Bali.

Cakupan kepesertaan program jaminan kesehatan per 30 September 2022 sekitar 244 juta jiwa atau 88,8 persen penduduk. Dengan begitu untuk mengefisiensikan waktu maka masyarakat bisa melakukan antrian dengan whatsapp atau SIM RS.

Prof Ali menjelaskan JKN suatu bentuk perlindungan sosial seperti bantuan sosial, sosial security, perlindungan sosial dalam bentuk asuransi individu atau komersial. JKN juga memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai martabat manusia.

"Sehingga kalau di rumah sakit saling membantu. Yang kaya membantu dan yang miskin dibantu," ucapnya.

Di kesempatan yang sama Direktur RSUD Bali Mandara dr I Ketut Suarjaya mengatakan sejak awal pendirian RSUD Bali Mandara berkomitmen dengan pemerintah provinsi bertaraf internasional sehingga tidak ada diskriminasi dalam pelayanan untuk menuju rumah sakit berstandar kelas dunia.

RSUD Bali Mandara berkapasitas 207 tempat tidur dengan pelayanan 27 layanan poliklinik spesialis, 21 ruang perawatan insentif, 5 kamar operasi dengan rancangan dinding anti bakteri, dan layanan unggulan yakni kanker terpadu.

"Satu gedung ada khusus layanan terpadu jadi pasien bisa konsultasi terkait kanker dengan baik dan utuh," ujarnya

Menurutnya layanan kanker terpadu akan menguraikan antrian khusus untuk pelayanan kanker. Pelayanan mulai dari konsultasi, kemoterapi dan lainnya dengan pelayanan teknologi terbaru.

"Presentase kunjungan pasien rawat jalan para JKN mengingat pada 2022 sekitar 69 persen yakni 3.3476 pasien. Bahkan rawat inap dominasi JKN yakni 2.960 pasien atau 76 persen," katanya.

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bisa melihat jadwal operasi di aplikasi SIMRS mulai dari pukul, proses, dan ketersediaan tempat tidur. Sehingga masyarakat bisa melihat ketersediaan tempat tidur yang selalu terupdate setiap saat.

"Waktu tunggu mulai dari pendaftaran sampai dilayani oleh dokter spesialis sampai 60 menit. Dengan adanya antrian online 96 persen terlayani," ungkapnya.

Salah satu peserta JKN yakni Ni Komang Risma, 7, ditemani sang ayah Wayan Budi untuk berobat rutin mingguan karena penyakit Vitiligo yang sudah diidap Komang sejak lahir.

"Kalau mulai berobat sudah sejak 2018 peribahan terntu ada seperti yang di bawah mata yang dulunya berwarna putih kini sudah berwarna cokelat seperti warna kulit," kata Wayan.

Wayan mengaku selama 2018 pengobatan anaknya dengan menggunakan BPJS Kesehatan sangat membantu dan tidak ada dibeda-bedakan dalam hal perawatan.

"Terapi yang digunakan terapi spektra, saya pakai BPJS dari pekerjaan istri, sampai saat ini ndak dibedakan pelayananny. Kita juga bisa pakai WhatsApp untuk urutan antri dan bisa menyesuaikan anak yang pulang sekolah jam 12.30 WITA," ujarnya. (H-2)

 

Baca Juga

Dok. IPB University

500 Mahasiswa IPB University Dapat Keringanan UKT

👤Faustinus Nua 🕔Senin 30 Januari 2023, 07:05 WIB
Kebijakan keringanan UKT juga menjadi komitmen IPB dalam menjamin keberlanjutan kuliah...
Antara

Presiden Apresiasi Budaya Gotong Royong Masyarakat Hadapi Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:46 WIB
Ia pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangkit dan bekerja keras mengejar segala ketertinggalan yang terjadi akibat...
DOK PCNU Depok

Apel Akbar 11 Ribu Kader NU Depok Ajak Wujudkan Perdamaian Dan Toleransi

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:25 WIB
DALAM rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) ke-100 Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Cabang NU (PCNU) Kota Depok, Jawa Barat menggelar apel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya