Kamis 01 September 2022, 16:30 WIB

Lima Gedung Sekolah dapan Bantuan Renovasi

Gana Buana | Humaniora
Lima Gedung Sekolah dapan Bantuan Renovasi

DOK IST
Manajemen FajarPaper bersama Perwakilan Sekolah dan Kadisdik Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

 

SEBANYAK lima sekolah di Wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendapatkan bantuan renovasi gedung dari produsen kertas Indonesia PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper). Program ini bertujuan mengakselerasi kualitas pendidikan melalui sarana dan prasarana penunjang belajar yang memadai bagi generasi muda, sekaligus merupakan komitmen FajarPaper dalam menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, dan Governance).

Program renovasi sekolah FajarPaper ini telah dilakukan sejak 2013. Program ini juga sejalan dengan rencana pemerintah, khususnya pada perbaikan infrastruktur dan teknologi sebagai poin pertama dalam transformasi pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Setidaknya ada 120 bangunan sekolah yang tergolong rusak kritis yang menjadi target prioritas perbaikan oleh Kabupaten Bekasi di tahun 2023.

“Aksi ini juga merupakan implementasi dari prinsip ESG 4 Plus (Environment, Social, dan Governance) yang menjadi landasan perusahaan dalam menciptakan dampak berkelanjutan. Kami percaya, anak-anak berhak memperoleh pengalaman belajar yang berkualitas sebagai pondasi dalam membentuk kecerdasan dasar, karakter, dan keterampilan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ungkap Presiden Direktur FajarPaper, Peerapol Mongkolsilp dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (1/9).

Di antara lima sekolah yang dapat bantuan renovasi di antaranya adalah, gedung Sekolah SMPN 4 Cikarang Barat. Adapun, belum lama ini ada seremoni penyerahan pada hari ini menandai rampungnya proses renovasi sekolah oleh FajarPaper dan kesiapan fasilitas sekolah untuk digunakan oleh para siswa dan guru untuk kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

General Manager HR Strategic and Business FajarPaper, Jefri D. Tambunan menjelaskan, sejak tahun 2013, program ini telah menjangkau 30 sekolah di Kabupaten Bekasi. Dalam enam tahun terakhir sejak tahun 2016, perusahaan telah mengalokasikan biaya lebih dari Rp16 miliar.

“Tahun ini, proyek renovasi dimulai sejak Mei dan rampung dalam kurun waktu yang relatif cepat di bulan Juli. Khusus tahun ini juga, kami memperluas target renovasi sekolah ke tingkat TK dan SMP, serta menjangkau wilayah terluar Cikarang, seperti Kecamatan Muara Gembong yang lokasinya cukup jauh di Pantai Utara (Pantura) Jawa. Kami fokus menyasar sekolah-sekolah yang memang memiliki urgensi serta keterbatasan lainnya. Tentunya kami berharap jangkauan program ini terus bertambah ke depannya,” jelas Jefri.

Masing-masing sekolah memiliki cakupan renovasi yang berbeda, meliputi berbagai fasilitas seperti ruang kelas, aula, lapangan, perpustakaan, dan laboratorium. Adapun lima sekolah penerima bantuan tahun ini adalah TK Bhayangkari 57 Cikarang Utara, SDN Kalijaya 10 Cikarang Barat, SDN Sukadanau 02 Kecamatan Cikarang Barat, SMPN 4 Cikarang Barat, Kecamatan Cikarang Barat, dan SDN Pantai Bhakti 02, Kecamatan Muara Gembong.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda, menyampaikan, pihaknya mengapresiasi upaya FajarPaper dalam mendukung akselerasi kualitas pendidikan di Kabupaten Bekasi. Pemerintah secara bertahap terus melakukan pemetaan kondisi di lapangan serta menyalurkan bantuan kepada berbagai instansi pendidikan, dan dengan adanya inisiatif dari pelaku industri seperti FajarPaper.

“Kami sangat terbantu dalam mencapai target tersebut,” imbuh Carwinda. (R-3)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...
DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...
MI/Vicky Gustiawan.

Konsumen semakin Jeli Memilih Kualitas Produk Vape

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:35 WIB
Pihaknya perlu berkolaborasi dengan konsumen secara langsung untuk tidak hanya menyebarkan informasi mendalam mengenai rokok elektrik,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya