Rabu 31 Agustus 2022, 04:45 WIB

Ini Cara Menggunakan Testpack dan Waktu yang Tepat untuk Hasil yang Akurat

Meilani Teniwut | Humaniora
Ini Cara Menggunakan Testpack dan Waktu yang Tepat untuk Hasil yang Akurat

istock
Ilustrasi

 

TESTPACK merupakan alat yang terkesan praktis dan sederhana. Testpack sangat dibutuhkan untuk pasangan suami istri yang sedang menjalankan program hamil. Namun, hasil testpack yang tidak akurat mungkin saja terjadi. Hal itu bisa disebabkan oleh waktu penggunaan atau cara menggunakan test pack yang tidak tepat.

Cara menggunakan testpack

Sebelum mengetahui cara menggunakan testpack yang benar, Kamu wajib paham dulu bahwa alat tes kehamilan ini bekerja dengan cara mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine. Nah, hormon ini hanya akan muncul jika sel telur telah dibuahi dan menempel di dinding rahim. Kadar hormon ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Baca juga: Pneumonia Juga Mengancam Ibu hamil

Sebelum Kamu memutuskan untuk menggunakan testpack, pastikan Kamu telah membaca petunjuknya dengan baik pada kemasan produk. Sebab setiap jenis test pack memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda.

Umumnya ada tiga jenis test pack yang paling sering digunakan, berikut ini jenis dan cara menggunakan test pack yang benar: 

1. Test Pack Strip

Bentuknya berupa strip plastik dan ukurannya sangat kecil dan ringan. 

Begini cara menggunakannya: 

  • Kamu perlu menyiapkan dahulu wadah kecil untuk menampung urine. Jika tidak ada wadah, maka kamu bisa mengguyur langsung urine di test pack. Namun, lakukan dengan hati-hati agar tidak melebihi garis batas.
  • Jika kamu sudah menampung urine, celupkan saja testpack ke wadah dengan bagian putihnya dan pastikan untuk mencelupkannya hingga di bawah garis batas.
  • Kamu bisa menunggu kurang lebih 5 hingga 10 detik kemudian angkat test pack-nya.
  • Ada baiknya menunggu hingga 10 menit untuk memastikan warna garis tidak berubah lagi. 
  • Jika muncul dua garis, itu menunjukan kamu hamil. Sedangkan jika hanya ada satu garis, maka kamu tidak menunjukkan tanda kehamilan.

2. Test Pack Digital

Berbeda dengan yang sebelumnya, alat ini punya bentuk seperti stik dengan ujungnya yang dapat dipasang strip untuk menyerap urine. Cara menggunakan test pack digital juga sebenarnya sama saja dengan test pack strip. Namun, kelebihan pemakaian test pack ini, kamu bisa menggunakannya berulang dengan cara mengganti strip di dalamnya. 

3. Pregnancy Cassette Test

Ini adalah alat tes kehamilan berupa stik yang digunakan dengan cara meneteskan urine pada alat tersebut. Kamu bisa menggunakan sensitif compact sebagai rekomendasi test pack yang akurat. Begini cara menggunakannya:

  • Buka kemasan produk dan pegang ke arah kucuran urine saat buang air kecil.
  • Kamu bisa pegang alat stik ini dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama minimal 10 detik hingga kondisi ujung resapan basah karena urine.
  • Pastikan agar tidak membasahi jendela atau tempat penunjuk hasil.
  • Biasanya hasil bisa terlihat dalam 3 menit saja. Namun, jika dalam waktu 3 menit garis merah belum muncul juga, maka tunggu 1 menit lagi. Hasil positif baru akan keluar 1 menit lebih lama tergantung dari banyaknya konsentrasi hormon hCG.
  • Jika setelah 3 menit tidak ada hasil yang muncul, ini karena kadar urine kurang banyak pada ujung resapan. 
  • Hasil positif ditandai dengan munculnya garis merah pada jendela kontrol (berbentuk bulat) dan jendela hasil (berbentuk persegi).

Namun, jika kamu mengalami gejala atau tanda awal kehamilan sementara hasil test pack masih menunjukkan negatif, maka lakukan tes kembali pada 3 hingga 5 hari setelahnya. 

Selain itu, jangan menggunakan testpack pada siang hari. Ini karena urine telah menjadi lebih encer sehingga akan semakin sulit untuk mendeteksi hormon hCG.

Waktu yang tepat menggunakan testpack

Pemilihan waktu untuk menggunakan testpack sangat berpengaruh pada keakuratan hasil. Jika kamu menggunakan testpack setelah beberapa hari sejak berhubungan intim, hasilnya bisa saja negatif karena hormon hCG belum dihasilkan atau kadarnya masih sangat rendah.

Kamu bisa menggunakan alat tes kehamilan di hari pertama terlambat haid atau 2 minggu setelah berhubungan intim. 

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, tunggu sampai kamu terlambat haid selama 1–2 minggu. Jika hasil tes positif, diperkirakan kehamilan Kamu sudah mencapai usia 6–7 minggu pada waktu itu.

Selain itu, cara menggunakan testpack yang tepat sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Hal itu karena kondisi urine di pagi hari masih pekat, sehingga alat tes kehamilan bisa memberikan hasil yang lebih akurat.

Penggunaan testpack di siang hari tidak disarankan karena Kamu sudah banyak minum, sehingga urine menjadi lebih encer. Kondisi urine yang encer membuat hormon hCG sulit untuk terdeteksi.

Jika mengalami gejala atau tanda awal kehamilan tetapi testpack menunjukkan hasil negatif, Kamu dapat melakukan tes ulang 3–5 hari setelahnya. Kamu juga disarankan untuk tidak merokok serta mengonsumsi obat-obatan dan minuman beralkohol sampai mendapatkan kepastian Kamu hamil atau tidak.

Jika hasil testpack menunjukkan Kamu positif hamil, periksakan diri ke dokter agar kehamilan bisa dipastikan dengan USG. 

Selain memastikan kehamilan, USG penting dilakukan untuk memastikan perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilan dan mencegah terjadinya komplikasi kehamilan. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...
DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya