Sabtu 26 November 2022, 08:44 WIB

Ciri-Ciri Orang Hamil, Ketahui Tandanya

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Ciri-Ciri Orang Hamil, Ketahui Tandanya

MI/Ramdani
Ilustrasi ibu hamil

 

KEHAMILAN merupakan salah satu hal yang dinanti oleh pasangan suami istri. Kehamilan yang berlangsung hingga 9 bulan sampai persalinan adalah hal yang penting untuk terus dipantau, agar kandungan dapat bertahan dan berkembang. Namun, seringkali Ibu tidak mengerti kondisi kehamilan, karena tidak tahu menyadari atau bahkan tak tahu tanda atau ciri-cirinya.

Ciri-ciri Kehamilan

Pada dasarnya, untuk dapat mengetahui ciri-ciri kehamilan akan terdapat beberapa perubahan pada fisik dan juga emosi pada wanita. Namun, beberapa wanita terutama yang pertama kali hamil akan kesusahan untuk mengidentifikasinya. Maka, berikut adalah ciri-ciri kehamilan melansir dari berbagai sumber;

1. Keterlambatan Menstruasi

Salah satu ciri kehamilan adalah keterlambatan menstruasi. Haid yang terlambat seringkali diasosiasikan sebagai tanda kehamilan. Siklus normal menstruasi berada pada 24 hingga 38 hari. Maka, ketika menstruasi terlambat pada 7 hari dari hari biasa, menunjukkan kemungkinan besar dari kehamilan.

2. Mual dan Muntah

Pada saat hamil, ciri-ciri lainnya adalah adanya rasa mual dan muntah, yang umumnya muncul di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam darah yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada lapisan perut dan akhirnya menimbulkan rasa mual dan muntah. Kondisi ini nantinya akan hilang pascaperiode trimester pertama kehamilan.

3. Mudah Lelah

Selanjutnya, mudah lelah adalah ciri-ciri kehamilan selanjutnya. Penyebab dari hal ini adalah meningkatnya kadar hormon progesteron sebagai depresan alami bagi sistem saraf pusat yang menyebabkan kerja tubuh lebih tinggi dan mengakibatkan kelelahan. 

4. Payudara Bengkak dan Nyeri

Ciri-ciri kehamilan lainnya adalah payudara yang nantinya akan bengkak dan nyeri. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon estrogen dan progesteron yang semakin meningkat. Hal ini juga menjadi mekanisme natural tubuh untuk mempersiapkan ASI pascakelahiran.

5. Sakit Pinggang Belakang

Sakit pinggang belakang juga dapat menjadi tanda kehamilan. Rasa nyeri yang berada pada bagian pinggang disebabkan oleh beban yang berat pada bagian perut dan dada, alhasil, pinggang menanggung beban yang lebih berat.

6. Peningkatan Nafsu Makan

Pada saat berada dalam masa kehamilan, ibu akan menunjukkan tanda peningkatan nafsu atau keinginan untuk makan. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan nutrisi yang semakin tinggi bagi ibu dan janin serta energi ibu yang semakin mudah terkuras.

7. Kram Perut

Salah satu ciri ciri kehamilan lainnya adalah kram pada perut. Kram ini pada umumnya terjadi pada 6-12 hari setelah pembuahan terjadi.(OL-5)

Baca Juga

MI/Ricky Julian

Peta Kopi belum Lirik Liberika Kalbar

👤Ihfa Firdausya/Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:15 WIB
Data Badan Pusat Statistik 2021 mencatat kebun kopi terluas di Pulau Kalimantan berada di Kalimantan Barat, yakni mencapai 12 ribu...
Dok. DPR RI

Muhaimin Iskandar Bahas Potensi Samarkand di Uzbekistan jadi Lokasi Transit Jemaah Umrah

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:00 WIB
"Mereka menawarkan jamaah umrah kita transitnya di Samarkand, dengan asumsi perjalanan 8 jam setengah ke Samarkand plus Saudi tiga...
dok.mi

BRIN Kembangkan Teknologi Pengolahan Emas Tanpa Merkuri di Pertambangan Rakyat

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:56 WIB
BRIN telah membangun pilot project pengolahan emas bebas merkuri di Desa Kalirejo, Kulonprogo,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya