Minggu 03 Oktober 2021, 02:20 WIB

Perhatikan, Ini Tanda-tanda Hamil Sebelum Telat Haid

Ajeng Ayu Winarsih | Humaniora
Perhatikan, Ini Tanda-tanda Hamil Sebelum Telat Haid

MI/Ramdani
Ilustrasi ibu hamil

 

TANDA-tanda kehamilan sebelum haid sangat beragam, selain tergantung dengan kondisi fisik juga bergantung sensitivitas dan kepekaan setiap orang terhadap gejala atau tanda tersebut.

Beberapa peneliti dan dokter menjelaskan gejala kehamilan sebelum telat haid hampir sama dengan gejala pms (pra menstrual syndrome), karena itu perlu menunggu waktu lebih lama untuk memastikan tanda-tanda tersebut berkaitan dengan kehamilan.

Sementara itu, waktu ideal untuk melakukan tes kehamilan di rumah yakni seminggu setelah telat haid. Ada kemungkinan hingga 90% untuk mendapatkan hasil yang akurat jika tes dilakukan setelah batas waktu telat haid.

Bunda perlu memahami bahwa tanda kehamilan awal terungkap 6-14 hari setelah pembuahan. Begitu Anda melakukan hubungan seks selama ovulasi, tubuh mulai mempersiapkan diri bagi janin untuk tumbuh. Setelah pembuahan, embrio menanamkan dirinya ke dinding rahim. Anda pun akan hamil sekitar 10 hari sebelum periode haid terlewati. Saat itulah Anda mulai mengalami tanda-tanda kehamilan.

Sementara itu, tes kehamilan akan memberikan hasil terbaik setelah satu atau dua minggu telat haid. Sebab, tingkat hormon kehamilan dalam urine sudah mencapai tingkat yang wajar.

Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut tanda-tanda hamil sebelum telat haid:


 
1. Payudara lebih lunak dan membesar

Payudara seringkali menjadi bagian tubuh pertama yang mendapat ‘pesan’ ketika terjadi pembuahan. Sebagian perempuan merasa payudaranya lebih lunak, membengkak, sensitif, bahkan nyeri saat disentuh akibat level estrogen yang mulai naik.

Gejala ini berbeda dengan yang biasa kamu rasakan menjelang menstruasi dan tetap terasa setelah kamu telat haid.

2. Area puting lebih gelap

Area di sekeliling puting atau yang disebut areola akan berwarna lebih gelap dan lebih menonjol daripada biasanya. Perubahan serangkaian hormon juga dapat membuat payudara jadi lebih padat, sensitif, dan lebih kencang.

Selain itu, diameternya juga bertambah dalam beberapa minggu setelah pembuahan. Ini merupakan persiapan awal bagi puting untuk menyusui setelah melahirkan nanti. 

3. Mudah lelah

Tubuh kamu sedang bekerja keras menyiapkan diri untuk tumbuhnya si janin. Hormon-hormon kehamilan mulai meningkat. Alhasil pada empat bulan pertama kehamilan, ibu hamil biasanya mudah merasa lelah dan ngantuk. Meski begitu, hindari mengatasi kelelahan ini dengan mengonsumsi kafein karena bisa membahayakan janin. Perasaan ini mungkin akan kamu rasakan pula saat PMS.

4. Mual yang tak tertahankan

Hanya beberapa hari setelah pembuahan, kamu akan mengalami mual. Hal ini disebabkan oleh munculnya hormon-hormon kehamilan yang tiba-tiba. Morning sickness memang biasanya memuncak pada 4-6 minggu kehamilan, namun mual kecil bisa kamu rasakan sejak awal kehamilan.

5. Sensitif terhadap bau

Aktivitas estrogen juga membuat indera penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif. Hal ini pula yang membuat ibu hamil sering mual. Tak hanya untuk ibu hamil, perempuan yang sedang PMS juga kadang mengalami hal serupa.

6. Sering buang air kecil

Ibu hamil cenderung lebih sering buang air kecil yang kadang menyebalkan. Sekitar dua minggu setelah pembuahan, ginjalmu akan bekerja lebih keras untuk menyaring darah. Rahim yang membesar juga mulai mendorong kandung kemih. Meningkatnya hormon progesterone turut meningkatkan frekuensi buang air kecil.

7. Sering merasa kembung

Kembung adalah salah satu gejala yang paling mengganggu menjelang haid. Namun hal ini juga akan kamu rasakan pada awal kehamilan. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya hormon progesterone memperlambat saluran pencernaan sehingga menjebak gas di dalam usus.

Jika sudah merasakan ketujuh tanda-tanda hamil sebelum telat haid, segera lakukan pengecekan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik saat hamil muda.(OL-5)

Baca Juga

Antara

28,94% Masyarakat Telah Divaksinasi Booter

👤MGN 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:07 WIB
Sebanyak 6.221.433 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 8.470.534 petugas...
Antara

5 Ribu Orang Terima Vaksin Kedua di Hari Kemerdekaan

👤MGN 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:57 WIB
Sementara itu, Kemenkes mencatat 9.852 ribu orang disuntik vaksin dosis pertama hari...
Antara

68,65% Lansia Telah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:51 WIB
Sebanyak 18.198.247 lansia telah menerima vaksin dosis pertama. Jumlah itu sama dengan 84,43...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya