Selasa 15 November 2022, 20:03 WIB

Pahami ini Perbedaan Haid dan Darah Awal Kehamilan

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Pahami ini Perbedaan Haid dan Darah Awal Kehamilan

Antara/Andi Bagasela.
Bidan memeriksa kesehatan janin dari seorang ibu hamil di sebuah klinik di Karawang, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).

 

SALAH satu ciri umum saat dalam masa haid pada wanita yaitu terdapat darah yang keluar melalui vagina. Ciri ini juga salah satu ciri yang identik dengan kondisi awal kehamilan pada wanita, yaitu terdapat darah yang juga ikut keluar. 

Kendati demikian, terdapat perbedaan antara kedua jenis pendarahan ini. Berikut penjelasan tentang perbedaan itu.

Penyebab pendarahan implantasi

Pendarahan implantasi terjadi 10-14 hari pasca pembuahan melalui hubungan seksual. Oleh karena itu, pendarahan implantasi juga disebut sebagai pendarahan awal kehamilan. Melansir dari laman Alodokter, pendarahan implantasi terjadi pasca pembuahan yang membuat sel telur berkembang menjadi embrio atau bakal janin. Bakal janin ini nantinya akan menempel di dinding rahim untuk berkembang menjadi janin.

Proses penempelan atau melekatnya embrio pada dinding rahim inilah yang menyebabkan pendarahan implantasi. Keluarnya bercak darah dari vagina akibat proses implantasi ini merupakan hal normal dan tidak membahayakan kesehatan ibu.

Ciri-ciri pendarahan implantasi

Darah implantasi yang keluar melalui vagina pada umumnya memiliki warna yang terlihat lebih cerah dibanding darah yang keluar oleh kondisi haid. Selain itu, darah yang keluar pada saat implantasi pada umumnya hanya berupa bercak dan tidak deras seperti haid.

Pendarahan implantasi juga menciptakan rasa kram di perut wanita, sama seperti pada saat haid, tetapi dengan waktu lebih singkat. Ini pun memiliki jeda dan terjadi hanya dalam waktu 1-3 hari.

Perbedaan darah haid dan implantasi

Sesuai dengan ciri-ciri sebelumnya, pada saat implantasi, darah yang keluar memiliki warna yang lebih cerah dibanding darah yang keluar pada kondisi haid. Lebih lanjut, darah yang keluar pada haid memiliki jumlah yang lebih banyak dibanding pendarahan implantasi yang hanya berupa bercak atau gumpalan darah. (OL-14)

Baca Juga

MI/FURQON ULYA HIMAWAN

Jaga Kelestarian Anggrek Hutan Merapi, Puluhan Mahasiswa Yogyakarta Lakukan Konservasi

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 04 Desember 2022, 23:20 WIB
Kampanye konservasi anggrek dilakukan dengan cara mengembalikan berbagai jenis anggrek khas Merapi ke dalam...
HO

Menumbuhkan Kepedulian Melalui Festival Warga Bantu Warga

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 04 Desember 2022, 23:05 WIB
KEPEDULIAN dan solidaritas antarsesama sangat diperlukan diperlukan di saat banyak orang tertimpa musibah, bencana dan kondisi yang kurang...
Ist

KAMPAK Dukung Upaya Hukum Mahasiswa Apoteker Cari Keadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:19 WIB
KFN menyalahi tugasnya dengan membentuk Panitia Nasional Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (PN UKAI) sebagai lembaga yang menentukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya