Kamis 11 Agustus 2022, 14:05 WIB

Wapres: Dosen Jadi Garda Terdepan Tangkal Radikalisme

Emir Chairullah | Humaniora
Wapres: Dosen Jadi Garda Terdepan Tangkal Radikalisme

Dok. Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin tiba di Madinah, Arab Saudi.

 

PEMERINTAH berharap dosen pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum bisa menjadi garda terdepan dalam menangkal gerakan radikalisme. 

Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, saat ini dibutuhkan peran tenaga pendidik melalui berbagai gerakan untuk memperkuat pemahaman dan sikap keagamaan yang moderat.

“Dosen pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum dapat menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan moderasi beragama yang dapat mencegah paham radikal, serta berperan memberi landasan ideologi," ujar Ma'ruf, Kamis (11/8).

Baca juga: Santri Diminta Sebarkan Perdamaian Melawan Radikalisme

Ma’ruf meminta civitas academica pendidikan agama Islam agar beradaptasi dalam menghadapi tantangan di era kemajuan teknologi, dengan memperhatikan lima aspek penting. “Pertama, tingkatkan kompetensi dan pengetahuan seluruh dosen pendidikan Islam," katanya.

"Sehingga pengajaran dan pendidikan agama Islam tidak tertinggal, makin berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman,” imbuh Ma'ruf.

Kemudian, civitas academica memanfaatkan jaringan komunikasi dengan generasi muda melalui peningkatkan kompetensi. “Tingkatkan kompetensi di bidang teknologi informasi, agar mampu memenuhi harapan kapabilitas komunikasi multimedia dengan generasi muda,” tuturnya.

Baca juga: BNPT Sebut Radikalisme Paham yang Menjiwai Semua Aksi Terorisme

Ma’ruf juga meminta dosen pendidikan agama Islam untuk membangun karakter kemandirian belajar bagi mahasiswa. “Segera terapkan budaya kemandirian belajar dalam pendidikan dan pengajaran agama Islam agar keunggulan ilmu dan peradaban Islam makin dikenal, berkembang, dan maju,” ucapnya.

Dirinya berharap mahasiswa di perguruan tinggi juga dibekali dengan aktivitas tambahan, yang bertujuan menanamkan nilai moderasi beragama bagi pelajar. “Rektor di perguruan tinggi umum hendaknya melakukan tindakan proaktif untuk memperkuat moderasi beragama di kampus," sambung Ma'ruf.

Aspek terakhir, dirinya berpesan untuk mengedepankan asas kolaborasi antar-perguruan tinggi dengan berbagai institusi dalam menyebarluaskan nilai moderasi beragama.(OL-11)
 

Baca Juga

Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...
DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya