Minggu 31 Juli 2022, 16:13 WIB

Jumlah Jemaah Haji Indonesia Meninggal Menjadi 80 Orang

 M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
 

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) mencatat per hari ini jemaah haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci menjadi 80 orang jemaah.

"Terkait data jemaah sakit dan wafat kami sampaikan jemaah wafat bertambah dua orang atas nama Yulina Arifin kloter jenis kelamin perempuan nomor paspor C 5533917 kloter JKG 23 asal embarkasi Jakarta Pondok Gede dan Hana Hasan hartam jenis kelamin perempuan usia 54 tahun nomor paspor C 6089 493 kloter sub 23 asal embarkasi Surabaya," jelas Juru Bicara PPIH Pusat, Wawan Djunaedi, Minggu (31/7).

"Sehingga jumlah jemaah wafat seluruhnya sampai saat ini sebanyak 80 orang," sambungnya.

Selain itu jemaah sakit menjadi 71 orang dengan rincian 23 orang dirawat di RS Arab Saudi, dan 48 lainnya dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Baca juga: Kemenag: 50% Jemaah Haji Telah Tiba di Indonesia

Kondisi cuaca di Makkah Arab Saudi rata-rata mencapai 40 derajat celcius dan di Madinah mencapai 42 derajat. Sehingga pemerintah mengimbau kepada jemaah yang masih ada di Arab Saudi agar menyegerakan minum dan tidak menunggu haus agar terhindar dari dehidrasi.

Jemaah Haji Indonesia yang masuk dalam Kloter gelombang dua, seluruhnya dipulangkan ke tanah air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

"Sebelumnya berada di Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji dan ibadah Sunnah lainnya. Selama di Madinah jemaah akan tinggal antara 8-9 hari dengan memperhitungkan kecukupan waktu shalat arbain atau shalat fardhu 40 waktu," pungkasnya. (Iam/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Agha Yuninda

PPKM di Jawa-Bali Diperpanjang, Semua Daerah Level 1

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:43 WIB
Safrizal mengatakan penetapan level 1 di semua daerah berdasarkan pertimbangan para pakar. Kemudian mempertimbangkan kondisi faktual di...
Dok. ITB

Harapan Orangtua dan Guru

👤Riama M Sihombing/M-1 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:40 WIB
ADANYA buku taktil 3D Printing mendapat sambutan positif. Orangtua dari anak-anak tunanetra yang berada di Low Vision Center menyambut baik...
Dok. Pribadi

Batik Cirebonan dalam Buku Taktil 3D-Printing

👤Riama Maslan Sihombing Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multimedia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:35 WIB
Dengan buku ini anak-anak tunanetra dapat memiliki pengalaman secara taktual dengan meraba motif batik yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya