Sabtu 30 Juli 2022, 23:10 WIB

Nasdem dan PPI Dunia Berkomitmen Menjadi Inisiator RUU Perlindungan Pelajar di Luar Negeri

Abdillah M Marzuqi | Humaniora
Nasdem dan PPI Dunia Berkomitmen Menjadi Inisiator RUU Perlindungan Pelajar di Luar Negeri

MI/HO
Anggota Komisi I DPR Prananda Surya Palo bertemu anggota PPI

 

SEBAGAI wadah organisasi pelajar Indonesia terbesar di luar negeri, PPI Dunia sedang memperjuangkan RUU Perlindungan Pelajar Indonesia (RUU PPI) agar bisa masuk prioritas dalam pembahasan di DPR RI. PPI Dunia bersilaturahmi dengan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Nasdem Prananda Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta Pusat (29/7).

Koordinator PPI Dunia Faruq Ibnul Haqi menyampaikan tujuan silaturahmi adalah untuk mendapatkan dukungan terhadap program PPI Dunia Kabinet Cendekia Apik saat ini yaitu Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Pelajar Indonesia (PPI). Menurutnya, PPI Dunia telah menyusun dan melengkapi daftar inventaris masalah (DIM) dan naskah akademik (NA) sebagai dasar untuk mengajukan RUU PPI.

“Daftar inventaris masalah (DIM) dan naskah akademik (NA) telah disusun rapi oleh Tim Adhoc PPI Dunia yang nantinya akan diserahkan secara formal awal Agustus nanti," ungkap Faruq.

Kandidat doktor perencanaan wilayah dan kota dari University of South Australia itu menambahkan fokus RUU PPI adalah agar pelajar Indonesia yang berada di luar negeri mendapatkan kepastian perlindungan dari negara ketika mendapatkan masalah seperti kesehatan, pendidikan, hukum, dan beberapa masalah lain.

Prananda Surya Paloh merespons aspirasi dari PPI Dunia. Alumni PPI Australia itu juga menyatakan komitmen untuk mendukung dan siap menjadi inisiator untuk usulan RUU PPI.

“Negara wajib hadir untuk memastikan bahwa aset bangsa yang sedang mengenyam Pendidikan di luar negeri terlindungi secara maksimal,” ungkapnya.

Prananda juga mengapresiasi PPI Dunia atas upaya penyusunan DIM dan NA RUU PPI. Ia juga menegaskan Partai Nasdem siap mengawal dan memperjuangkan RUU PPI.

“Naskah akademik dan DIM yang telah disusun PPI Dunia adalah wujud kepedulian yang luar biasa dari PPI Dunia sebagai rumah pelajar Indonesia di luar negeri terhadap adanya permasalahan ketika di luar negeri, mari kita kawal bersama-sama,” ungkap Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem itu. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:00 WIB
Penerima KIP-K berhak mendapat bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh pemerintah langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya