Sabtu 30 Juli 2022, 23:10 WIB

ALAMI dan Dompet Dhuafa Bangun Sumur Wakaf untuk Masyarakat Bantuas

Media Indonesia | Humaniora
 ALAMI dan Dompet Dhuafa Bangun Sumur Wakaf untuk Masyarakat Bantuas

Dok Dompet Dhuafa
Rilis program wakaf sumur untuk kehidupan.

 

SALAH satu upaya mendukung salah satu sustainable development goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan, yaitu menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua. 

Hal itulah yang membuat ALAMI, sebuah perusahaan fintech bertempat di Jakarta kembali menggandeng Dompet Dhuafa dalam melakukan kegiatan sosial. Kali ini, bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1444 Hijriah, diresmikan sumur wakaf yang telah usai dibangun di Pondok Pesantren Al-Mujahidah NW, Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur.

Sumur wakaf tersebut adalah salah satu bagian dari program Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan yang diinisiasi Dompet Dhuafa. Selain sumur air bersih, tempat wudu dan MCK juga turut melengkapi untuk memenuhi kebutuhan sanitasi dan kebiasaan hidup bersih.

Sejak berdiri delapan tahun silam, Pondok Pesantren Al-Mujahidah belum terjangkau oleh akses air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, para santri terpaksa mengonsumsi air hujan atau membeli air bersih dari luar. Santri juga memanfaatkan air di kolam bekas galian atau sungai yang aliran airnya sudah terkontaminasi dengan air bekas galian tambang batu bara untuk keperluan mandi. 

"Dompet Dhuafa menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan dan sambutan baik dari ALAMI dalam kolaborasi ini. Semoga air bersih yang terus melimpah akan mengalir dan membawa keberkahan untuk masyarakat di sini," ujar Manager Partnership Wakaf Dompet Dhuafa Sulistiqomah dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (30/7).

Ia menyampaikan selain dapat dinikmati oleh penghuni ponpes, masyarakat di sekitar pondok yang juga masuk kategori mustahik dapat turut memanfaatkan akses air bersih yang dialirkan dari sumur wakaf tersebut. Mereka tidak lagi perlu untuk mengonsumsi air yang kurang layak atau merogoh anggaran lebih untuk mendapatkan air bersih.

Di sisi lain Chief Culture Officer ALAMI Amrullah Tahad menyambut baik kolaborasi Dompet Dhuafa dalam menghadirkan Wakaf Sumur Air Untuk Kehidupan. 

"Hal ini sebagai wujud misi perusahaan kami dalam memberikan dampak positif yang seluas-luasnya kepada masyarakat dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Alhamdulillah sumur ini dapat diresmikan bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H, awal yang baik untuk memulai tahun yang insyaaAllah akan dipenuhi kebaikan. Semoga kami dapat terus istikomah untuk menebarkan kebaikan yang lebih banyak lagi ke depannya," tutur Amrullah.

Amrullah berharap, sumur wakaf ini dapat menjadi solusi atas permasalahan krisis air bersih di Bantuas, dan manfaatnya terus mengalir sepanjang waktu sehingga kualitas kesehatan masyarakat sekitar juga terjaga dengan baik. (RO/O-2)

Baca Juga

Ist

Kotta GO Hotel Yogyakarta Gelar Media Gathering Bertema “Fun Synergy With Media”

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 11:12 WIB
Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Kotta GO dengan rekan media, menjalin sinergi dan meningkatkan branding...
Ist

The Papandayan International Online Jazz Competition Kembali Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 10:56 WIB
The Papandayan Internasional Jazz Competition (TPJC), salah satu program produk The Papandayan Jazz Management kembali digelar tahun...
MI/Mitha Meinansi

Dua Pelajar Sigi Diajak Berkunjung ke Studio  MetroTV

👤Mitha Meinansi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 10:34 WIB
Kedua pelajar yang beruntung tersebut adalah Nur Syaena Sari, siswi Sekolah Sukma Bangsa (SSB) Sigi, dan Muhammad Sigit Setiyawan, siswa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya