Sabtu 30 Juli 2022, 20:08 WIB

Kemendagri Serahkan 59 Akta Kematian Jemaah Haji

Mediaindonesia | Humaniora
Kemendagri Serahkan 59 Akta Kematian Jemaah Haji

MI/SUSANTO
Jemaah haji Indonesia berziarah ke Makam Baqi di Madinah, Arab Saudi.

 

DIREKTORAT Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan 59 akta kematian jemaah haji asal Indonesia kepada pihak keluarga.

"Sebelumnya, Ditjen Dukcapil menerima sebanyak 16 surat keterangan kematian jemaah haji. Semuanya diterbitkan akta kematian dan selesai diserahkan kepada keluarga, Kamis (14/7) lalu," kata Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrulloh dalam keterangan yang diterima di Jakarta Sabtu.

Selanjutnya, Dukcapil kembali menerima surat keterangan kematian sebanyak 43 orang jemaah haji dari Konsulat Jenderal RI di Jeddah.

"Dari 43 jamaah haji yang meninggal tersebut, sampai Rabu (27/7) sudah semuanya diterbitkan akta kematiannya dan langsung diserahkan kepada keluarga oleh Dinas Dukcapil sesuai domisili," tambahnya.

Penerbitan akta kematian tersebut dilaksanakan secara terintegrasi. Selain akta kematian, Dukcapil juga menerbitkan dan menyerahkan kartu keluarga (KK) baru, dan KTP elektronik baru bagi suami atau istri yang ditinggalkan, dengan status sudah diubah menjadi cerai mati.

Baca juga: Haji 2022, Kemenag Siapkan Lebih 35 Ribu Kamar

Zudan menjelaskan penerbitan dokumen kependudukan tersebut cepat, mudah, dan gratis. Keluarga tidak perlu mengurus sendiri karena sudah dikerjakan jajaran Dukcapil sesuai alamat masing-masing jemaah.

Penerbitan akta kematian jemaah haji asal Indonesia itu sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang meminta pelayanan administrasi kependudukan semakin mudah dan cepat.

"Kami ingin memberikan pelayanan terbaik. Maka, Ditjen Dukcapil dan dinas Dukcapil segera memproses dokumen kependudukan tersebut tanpa menunggu permohonan dari keluarganya," ujar Zudan.(Ant/OL-4)

Baca Juga

Ist/Tanoto Foundation

Cacingan, Penyakit Infeksi yang Rentan Menyerang Anak 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 11:43 WIB
Penyakit cacingan merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing parasit dan dapat menyerang...
MI/ HO

Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ Gelar Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Bogor

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 11:40 WIB
Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) mengadakan rangkaian pengabdian masyarakat pada Juni-Juli 2022 di Desa...
Ist

Kotta GO Hotel Yogyakarta Gelar Media Gathering Bertema “Fun Synergy With Media”

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 11:12 WIB
Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara Kotta GO dengan rekan media, menjalin sinergi dan meningkatkan branding...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya