Minggu 10 Juli 2022, 21:35 WIB

Mengukuhkan Kohesi Umat Muslim dan Bangsa Melalui Kurban

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Mengukuhkan Kohesi Umat Muslim dan Bangsa Melalui Kurban

MI/Agus Mulyawan
Cendekiawan muslim yang juga Ketua Dewan Pers 2022-2025 Prof Azyumardi Azra.

 

UKHUWAH Islamiyah atau persatuan atau kohesi bangsa Indonesia sedang diuji dengan adanya pandemi covid-19 yang hingga kini masih mengancam masyarakat.

Cendekiawan muslim Azyumardi Azra mengatakan dengan adanya momentum Idul Adha 1443 Hijriyah umat muslim dan masyarakat harus bersama-sama memperkuat persatuan.

"Tema khotbah pada hari ini memang saya sebagai khatib Idul Adha untuk penguatan kohesi sosial bangsa. Tema ini kita angkat karena kohesi sosial kita agak goyah karena pandemi covid-19," kata Azra dalam ceramah Idul Adha di Masjid Nursiah Daud Paloh, Jakarta Barat, Minggu (10/7).

Pandemi membuat ekonomi masyarakat menurun sehingga angka kemiskinan dan pengangguran meningkat, jadi tema Idul Adha kali ini penguatan kembali kohesi sosial itu dengan melakukan pendekatan diri kepada Allah dan juga pendekatan diri sesama manusia yang ada di Indonesia.

Caranya pun bisa dengan memberi bantuan, dukungan, atau doa. Kalau saat ini dengan memberikan hewan kurban, tapi pada hari-hari selanjutnya kita harus meningkatkan bantuan melalui gerakan filantropi atau kedermawanan karena Indonesia sudah terkenal memiliki warga yang paling dermawan.

"Kedermawanan ini kita butuhkan karena masih ada saudara kita yang mengalami kesulitan ekonomi karena kemiskinan dan pengangguran," ujarnya. (H-2)

Baca Juga

MI/HO

Pulihkan Ekosistem Pesisir, Sekjen KLHK bersama IKA PIMNAS Tanam Mengrove di Tana Tidung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:40 WIB
"Upaya pemulihan lingkungan melalui rehabilitasi mangrove ini menjadi agenda utama Bapak Presiden, sekaligus upaya untuk mengurangi...
MI/RAMDANI

Menerapkan Batas Saat WFH Bisa Beri Ketenangan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:30 WIB
Penerapan manajemen batas atau boundary managemen intinya memisahkan antara kehidupan personal dan...
DOK Sinar Mas Land.

Program Sampah Plastik Tukar Beras dari Sinar Mas Land Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:48 WIB
Plastic to Food merupakan bagian dari program edukasi cinta lingkungan Green Habit 2.0 yang diinisiasi oleh Sinar Mas Land berkolaborasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya