Kamis 23 Juni 2022, 23:43 WIB

Wapres Instruksikan Desa Sangat Tertinggal pada 2024

Kautsar Widya Prabowo | Humaniora
Wapres Instruksikan Desa Sangat Tertinggal pada 2024

Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menginstruksikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk menyelesaikan persoalan desa tertinggal. Ke depan, ia tidak ingin ada lagi desa tertinggal.

"Kementerian Desa PDTT (harus) bekerja keras agar pada tahun 2024 sudah tidak ada lagi desa tertinggal dan sangat tertinggal," ujar Ma'ruf dalam acara Penghargaan Program CSR BUMN/Swasta dan Promisi Desa Wisata Nusantara, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/6).

Selain itu, Wapres menyebut saat ini desa menjadi titik awal pengungkit pemulihan ekonomi masyarakat. Sehingga pemerintah mendorong ekonomi desa untuk terus bergerak. Melalui program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Keberadaan BUMDes diharapkan mampu mengoptimalkan potensi lokal melalui bidang usahanya, sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat desa," tuturnya.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan BUMDes, menurut Wapres adalah dengan melibatkan tokoh penggerak desa. Selain itu, sambung Wapres, keberhasilan pembangunan desa tetap harus ditopang oleh partisipasi aktif sumber daya manusia (SDM)
setempat.

"Saya juga meminta BUMN/swasta dan BUMDes terus bersinergi mendukung pembanguan desa. Dukungan BUMN dan swasta untuk memberdayakan BUMDes diharapkan dapat mempercepat pembangunan ekonomi perdesaan pascapandemi," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/HO.MCH2022

Calon Haji Bervisa tidak Resmi Dipulangkan ke Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 04:15 WIB
Sejumlah jamaah mengaku telah mengeluarkan biaya antara Rp200 juta hingga Rp300 juta agar bisa berangkat haji dengan jalur tanpa antre...
 ANTARA/Maulana Surya

Benarkah Cabut Gigi Atas Bisa Sebabkan Kebutaan?

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:55 WIB
Rumor tersebut juga masih saja menjadi keyakinan bagi sebagian masyarakat, bahkan sering kali dijadikan sebagai salah satu alasan untuk...
Antara

50,8 Juta Masyarakat Sudah Divaksin Booster

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:35 WIB
Penyuntikan vaksin dosis kedua juga bertambah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya