Jumat 10 Juni 2022, 17:39 WIB

Varian Anyar BA.4 dan BA.5 Transmisinya Cepat Tingkat Keparahan Rendah

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
 Varian Anyar BA.4 dan BA.5 Transmisinya Cepat Tingkat Keparahan Rendah

MI/RAMDANI
Layar monitor berisi himbauan terkait Covid-19 varian Omikron terpasang di salah satu gedung kawasan Semanggi, Jakarta, Senin (7/2/2022).

 

JURU Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syaril mengatakan transmisi dari varian yang baru ditemukan yakni covid-19 subvarian omikron BA.4 dan BA.5 transmisinya cepat namun tingkat keparahannya rendah dibandingkan dengan varian omikron sebelumnya BA.1 dan BA.2.

"Penyebarannya lebih cepat dari omikron sebelumnya tapi gejalanya lebih ringan dari sebelumnya. Kita tidak perlu panik, jika nanti ada kenaikan kasus tetapi gejalanya ringan bahkan tidak ada gejala," kata Syahril dalam konferensi pers secara daring, Jumat (10/6).

Jika nanti ada yang terpapar cukup melakukan isolasi mandiri dan minum serta makan makanan yang sehat hingga tes selanjutnya menunjukkan hasil negatif.

Baca juga: Empat Kasus Subvarian Omicorn BA.4 dan BA.5 Ditemukan di Indonesia

Kementerian Kesehatan juga akan melakukan evaluasi pelonggaran pemakaian masker di area terbuka, apabila ada peningkatan kasus dan jika ada kenaikan dari varian baru ini maka Kemenkes akan lebih memperketat protoko kesehatan (prokes).

"Prokes ini menjadi upaya bersama selain vaksinasi tentu saja tidak ingin adanya lonjakan kasus lagi seperti di varian Delta dan Omikron. Sehingga pelonggaran ini akan kembali ke diri masing-masing," ujarnya.

Oleh karena itu bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi booster untuk segera melakukannya karena untuk menambah dari kekebalan tubuh. (A-2)

Baca Juga

Antara

Kemensos Kirim Bantuan Logistik Untuk Para Pengungsi Erupsi Semeru

👤Naufal Zuhdi 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:25 WIB
PASCAERUPSI Gunung Semeru di Jawa Timur, Kementerian Sosial (Kemensos) bergerak cepat untuk mengirimkan bantuan berupa logistik ke wilayah...
Kemenag

Siswa Madrasah Asal Pati Sabet Juara II Robotics Innovation Challenge di Singapura

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 05 Desember 2022, 23:10 WIB
HAFIZ Ulumuddin Karim, siswa MTsN 1 Pati meraih juara II pada Robotics Innovation Challenge (RIC) 2022 yang berlangsung di Singapura, pada...
Istimewa

Jelang Nataru, Kemenko PMK: Tidak Perlu Ada PPKM

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 05 Desember 2022, 22:55 WIB
Belum ada kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Alasannya, karena kasus covid-19...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya