Jumat 27 Mei 2022, 14:38 WIB

Petani Dukung Rencana Pemerintah Audit Seluruh Perusahaan Sawit

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Petani Dukung Rencana Pemerintah Audit Seluruh Perusahaan Sawit

Antara
Petani mengumpulkan hasil panen kelapa sawit dari lahan perkebunan.

 

SERIKAT Petani Kelapa Sawit (SPKS) mendukung rencana Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk melakukan audit seluruh perusahaan di industri perkebunan kelapa sawit.

Audit dinilai sangat diperlukan untuk membenahi industri sawit. Pemerintah pun diminta serius dan menjangkau seluruh persoalan yang ada di industri sawit.

"Karena langkah tersebut sebagai bentuk keseriusan pemerintah memperbaiki tata kelola industri sawit pada hulu dan hilir," ujar Sekretaris Jendral SPKS Mansuetus Darto dalam keterangan pers, Jumat (27/5).

Baca juga: Kepercayaan Baru, Luhut Diperintah Bereskan Sengkarut Minyak Goreng

Menurutnya, langkah audit yang akan dilakukan pemerintah seharusnya tidak hanya fokus pada persoalan perizinan, melainkan juga semua permasalah laten yang ada di lapangan.

Pembenahan tata kelola industri perkebunan sawit di Tanah Air tidak berhenti pada persoalan legalitas. Seperti, perizinan, Hak Guna Usaha (HGU) dan plasma.

Baca juga: Ekspor CPO Dibuka, Harga TBS Petani Masih Rendah

Mengacu data Kementerian Pertanian, luas perkebunan sawit rakyat di bawah 25 hektare sekitar 6,7 juta hektar. Lalu pada 2022, petani sawit rakyat hanya memiliki 2,3 juta hektare perkebunan.

"Artinya, masih banyak yang memiliki lahan di atas 25 hektare, kemudian mengatasnamakan sebagai petani sawit. Ini butuh evaluasi, agar pemilik lahan di atas 25 hektare wajib Izin Usaha Perkebunan (IUP) dan memiliki HGU," pungkas Darto.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Swiss Cafe Restaurant, Pondok Indah, Gelar Chef Collaboration Series

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:53 WIB
Swiss Cafe Restaurant, Swiss-Belhotel Pondok Indah, menyelengarakan kembali kegiatan demo masak bersama Swiss-Belresidences Rasuna...
ANTARA

204 Orang Calon Haji Ikut Safari Wukuf

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:50 WIB
Jumlah 204 jemaah yang diusulkan untuk disafariwukufkan tersebut sifatnya masih dinamis, nanti akan bisa ditentukan di hari terakhir H-1...
Antara

Pertontonkan Keindahan Indonesia Lewat Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:49 WIB
Perkembangan teknologi membuat dunia digital menjadi dunia kedua bagi setiap orang. Hal tersebut membuat jati diri dalam ruang budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya